BNNP Sosialisasi P4GN pada Kelompok Masyarakat Perwapon

BNNP Sosialisasi P4GN pada Kelompok Masyarakat Perwapon

  Sabtu, 16 April 2016 09:15
FOTO BERSAMA: BNNP Kalbar foto bersama dengan Perwapon dan PEKKA di aula Dekopinwil Provinsi Kalbar usai kegiatan. FOTO IST

Berita Terkait

PERANG terhadap Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) terus digencarkan oleh Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalbar. Kali ini BNNP menyebarkan dan memberikan informasi tentang bahaya narkoba terhadap kelompok masyarakat Persatuan Waria Pontianak (Perwapon) dan PEKKA, di aula Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Kalbar, Jumat (15/4) kemarin.

Kegiatan ini mengusung tema Diseminasi Informasi P4GN Penyuluhan Melalui Tatap Muka pada Kelompok Masyarakat, dihadiri oleh kepala Bidang Pencegahan BNNP Kalbar, Isnawati SSos MSi, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan kelompok masyarakat Perwapon dan PEKKA, Yunitasari SSos MP.

Kepala Bidang Pencegahan BNNP Kalbar, Isnawati mengatakan kegiatan ini merupakan penyebaran informasi untuk mengajak semua eleman masyarakat, termasuk elemen masyarakat terkecil. Salah satunya yaitu Perwapon dan PEKKA yang merupakan kelompok masyarakat rentan terhadap Narkoba. “BNNP mengajak semua elemen lapisan masyarakat untuk perang terhadap penyalahgunaan narkoba,” katannya.

Isnawati menjelaskan, kelompok masyarakat Perwapon masih dalam tarap waria, mereka belum ketarap kesadaran untuk kembali kepada fitrahnya. Sedangkan PEKKA adalah kelompok masyarakat eks Perwapon yang sudah sadar dan kembali kepada fitrahnya. Dengan demikian, dalam kegiatan ini BNNP sengaja mengundang keduanya untuk diberikan informasi terkait penyalahgunaan narkoba. Sehingga kedepannya, mereka ini bisa memberikan informasi dilingkungannya masing-masing.

Karena para waria rentan terhadap narkoba, mereka juga sering nongkrong di diskotik dan di hotel. Sehingga dengan diseminasi ini, para waria bisa menjaga dirinya, linkungannya, dan bisa memberikan informasi dan pengetahuan tentang P4GN kepada teman-tamannya. Selain dari pada itu, BNNP selain mencegah, juga ingin merubah prilaku dari masyarakat yang mengkonsumsi narkoba menjadi berhenti. Sedangkan untuk masyarakat yang belum mengkonsumsi jangan sampai mendekati. “Kami berharap Perwapon dan PEKKA ini menjadi perpanjangan tangan BNNP,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Yunitasari menambahkan, peredaran narkoba saat ini luar biasa. Bukan hanya orang dewasa dan laki-laki saja yang menjadi sasarannya. Melainkan anak muda dan perempuan juga menjadi target para pengedar, sehingga dengan demikian, BNNP selalu bergerak cepat untuk menanggulanginya dengan menyebarkan informasi terkait P4GN kepada semua kelompok masyarakat. Termasuk kepada kelompok masyarakat Perwapon dan PEKKA. “BNNP selalu berupaya memberantas dan mencegah peredaran narkoba,” tegasnya.(pms/ser) 

Berita Terkait