BNNP Sosialisasi P4GN di Dinas Perkebunan

BNNP Sosialisasi P4GN di Dinas Perkebunan

  Jumat, 11 December 2015 08:25
P4GN: Isnawati (tengah) saat memberi materi seminar P4GN. FOTO IST

Berita Terkait

BADAN Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalbar terus berupaya memberikan dan menyampaika informasi terkait Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kali ini BNNP memberikan penyuluhan di Dinas Perkebunan Kalbar pada Kamis (10/12) kemarin. 

Kegiatan yang diperkasai BKD Kalbar dalam rangka sosialisasi P4GN untuk menciptakan lingkungan kerja bebas narkoba Pemprov Kalbar, dihadiri oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalbar, Isnawati SSos MSi, Kepala Bidang Disiplin dan Kesejehateraan, Muhyar SH, Kepala Bidang Mutasi, Herman SE MM, Kepala Bidang Informasi, Rasyid SIP beserta pegawai Dinas Perkebunan.

Muhyar dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini merupakan inisiatif dari BKD Kalbar yang bekerjasama dengan BNNP dengan tujuan untuk mengantisipasi dan mencegah predaran narkoba dilingkungan pegawai. Mengingat predaran narkoba saat ini luar biasa, sehingga tidak menutup kemungkinan para pegawai akan terindikasi oleh narkoba. Disayangkan jika ada pegawai yang tidak mengikuti kegiatan ini tanpa alasan yang jelas, karena kegiatan ini sangat bermanfaat terhadap pegawai itu sendiri. “Inti dari kegiatan ini adalah untuk pencegahan,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pegawai agar jangan sampai terindikasi narkoba terlalu jauh, karena bisa merusak kinerja. Sehingga akan berdampak pemecetan terhadap pegawai yang terbukti mengonsumsi narkoba. Masih menurut Muhyar, jika ada salah satu dari pegawai yang terindikasi narkoba jangan menghindar atau melarikan diri, akan tetapi harus cepat menghubungi BNNP untuk segera direhabilitasi. Jika tidak, maka ketergantungan kebarang haram tersebut akan sangat kuat, dan akan susah untuk melepaskan diri. “Saya berharap kegiatan ini, para pegawai bisa mengantisipasi predaran narkoba dilingkungan tempatnya bekerja,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Isnawati yang mengungkap penyuluhan tentang P4GN merupakan program dari pemerintah pusat yang ingin memberantas narkotika dan merehabilitasi bagi pecandu narkoba. Sehingga BNNP  selalu memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba. “Termasuk di Dinas Perkebaunan ini,” katanya

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara BNNP dengan BKD Provinsi Kalbar yang menginginkan setiap pegawai harus bersih dari narkoba. Selain memberikan sosialisasi, para pegawai ini akan di tes urine oleh petugas BNNP yang memang telah disiapkan. Setelah dites urine, hasilnya nanti akan diteliti secara detail seperti ketika ada salah satu pegawai yang positif mengonsumsi narkoba, maka tes urine tersebut akan diteliti lebih mendalam, apakah memang mengonsumsi narkoba, atau terindakasi dari hasil mengonsumsi obat-obatan yang merupakan resep dari dokter. Kalu memang positif mengonsumsi narkoba, maka BNNP mengarahkan untuk segera direhabilitasi. “Jadi BNNP tidak sembarangan untuk memutuskan seseorang itu positif atau tidaknya,” ujarnya.(pms/ser)

Berita Terkait