BNNP Gelar Seminar Pembentukan Kader Anti Narkoba

BNNP Gelar Seminar Pembentukan Kader Anti Narkoba

  Senin, 2 November 2015 11:44
SEMINAR: Mashadi Eka Surya Agus saat memberikan materi seminar pembentukan kader anti Narkoba di Fakultas Mipa Untan. FOTO IST

Berita Terkait

PROGRAM Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika ( P4GN) terus digencarkan oleh Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalbar. Kali ini BNNP menggelar seminar pembentukan kader anti narkoba di Lembaga Penelitian Untan pada Kamis (29/10). Kegiataan yang diprakarsai Fakultas Mipa Untan dengan tema cegah kehancuran bangsa, dengan mengenal lebih dekat jenis-jenis dan pelaku usaha kejahatan narkoba diisi oleh pemateri yang berkompeten dibidangnya. Diantaranya Drs Mashadi Eka Surya Agus, M.AP dan Benny Sasmita Soeratman, SPsi dan mahasiswa yang mayoritas dari semua Faskultas Mipa Untan.

Presma Fakultas Mipa, Gunawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari mahasiswa Mipa untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba dilingkungan kampus, khususnya di Fakultas Mipa. “Sehingga kami melakukan koordinasi dengan BNNP untuk memfasilitasi kegiatan kami. Kami ucapkan terima kasih kepada BNNP,” katanya. Ia juga mejelaskan, pada dasarnya Fakultas Mipa bukan hanya menginginkan kampus bebas narkoba. Tapi juga juga mengingikan lingkungan kampus yang bebas dari asap rokok. Karena, menurut dia, selama ini baik itu mahasiswa atau dosen masih ada yang merokok diarea kampus. Sehingga Fakultas Mipa berharap dari kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih mengerti terhadap bahaya peredaran narkoba dan asap rokok.

Drs Mashadi Eka Surya Agus, M.AP, selaku pemateri mengapresiasi apa yang telah dilakukan  mahasiswa Untan, khususnya mahasiswa Fakultas Mipa yang telah menggelar kegiatan pembentukan kader anti narkoba di kampusnya. Karena, menurutnya sosialisai tentang peredaran narkoba bukan hanya dilakukan diinstansi pemerintah saja, melainkan juga kepada mahasiswa dan elemen masyarakat. Sehingga, mahasiswa bisa memberikan informasi tentang bahaya narkoba dilingkungannya, teman dan keluarganya. “Sekarang peredaran narkoba sudah menyebar kemana-kemana,” katanya. Ia juga menjelaskan, peredaran narkoba saat ini sudah sangat luar biasa, sehingga pemerintah sangat agresif untuk memberantas narkoba. Dan untuk pecandunya, pemerintah juga sudah menyiapkan tempat untuk direhabilitasi. “Kami berharap mahasiswa menjadi kader BNNP, dan perpanjangan tangan BNNP dilingkungan mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalbar, Isnawati SSos MSi mengatakan, kegiatan seminar P4GN ini merupakan langkah BNNP untuk selalu melakukan sosialisasi dan memberikan informasi terkait perkembangan masalah penyalahgunaan narkoba saat ini. Karena, menurutnya, peredaran narkoba sangat luar biasa, target pengedar bukan hanya orang dewasa saja, namun remaja dan anak-anak juga telah menjadi tergetnya. Sehingga dengan demikian, mahasiswa diharapakan dapat menjangkau pecandu narkoba yang berada dikampusnya maupun yang ada dilingkungannya untuk direhabilitasi. “Mahasiswa harus menjadi pelopor BNNP dalam memberantas peredaran narkoba,” pungkasnya.(pms/ser)

Berita Terkait