BNN Proteksi Siswa dari Ancaman Narkoba

BNN Proteksi Siswa dari Ancaman Narkoba

  Kamis, 24 March 2016 19:17
SOSIALISASI : Kepala BNN dan Kadisdikpora Mempawah foto bersama peserta sosialisasi P4GN di Anjongan. ISTIMEWA

Berita Terkait

ANJONGAN- Sebanyak 30 siswa-siswi SMP di Kecamatan Anjongan berpartisipasi dalam sosialisasi Pencegahan,Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang digagas BNN bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Rabu (23/3) di Aula Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Pangan dan Kholtikultura (BPPTPH) Anjongan.

Kepala BNN Kabupaten Mempawah, Kompol Abdul Haris Daulay, SH mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan pihaknya bertujuan untuk mengantisipasi masuknya peredaran gelap jaringan narkotika dilingkungan sekolah.

“Lingkungan sekolah menjadi salah satu tempat yang cukup rentan terhadap peredaran gelap narkotika. Makanya, kami memandang perlu untuk melakukan proteksi dini agar para siswa dapat membentengi diri dari pengaruh narkotika,” kata Daulay.

Daulay menyebut, peredaran jaringan narkotika menyasar di segala lingkungan masyarakat. Sasarannya pun beragam mulai dari masyarakat ekonomi tinggi, rendah, generasi muda hingga tua.

“Makanya, perang terhadap peredaran narkoba dilakukan secara menyeluruh disegala sektor dan lingkungan masyarakat termasuk sekolah. Narkoba juga tidak memandang status sosial, baik itu orang miskin atau kaya, orang tua atau anak-anak semuanya berpotensi terjebak peredaran dan penyalahgunaan narkotika,” paparnya.

Karenanya, Daulay menilai perlunya peran aktif element masyarakat untuk berpartisipasi aktif melakukan kontrol sosial dan pengawasan terhadap peredaran jaringan gelap narkoba dilingkungannya. Sebab, melalui kepedulian dan peran aktif masyarakat maka peredaran gelap narkoba dapat diminimalisir.

“Peranan orang tua sangat penting untuk menjaga anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam dunia hitam narkoba. Orang tua harus senantiasa melakukan kontrol dan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak baik didalam maupun diluar rumah,” pesannya.

Ditempat yang sama, Kepala Disdikpora Kabupaten Mempawah, Zulkifli Salim mendukung penuh gerakan program P4GN yang dilaksanakan BNN. Pihaknya senantiasa tekad untuk mencetak generasi muda Kabupaten Mempawah yang sehat, cerdas dan pintar tanpa pengaruh narkoba.

“Narkoba hanya akan merusak masa depan generasi bangsa. Makanya, pihak sekolah dituntut untuk pro aktif melakukan pembinaan akhlak dan moral serta melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekolahnya. Jangan sampai siswa-siswa ini terjerumus dalam peredaran narkotika,” tukasnya.(wah)

 

Berita Terkait