BNN Bongkar Penyeludupan Sabu asal Malaysia di Aceh

BNN Bongkar Penyeludupan Sabu asal Malaysia di Aceh

  Kamis, 21 September 2017 15:29
FOTO; JAWA POS

Berita Terkait

JAKARAT -- Tim Badan Narkotika Nasional (BNN), Bea Cukai dan BNN Provinsi Aceh berhasil membongkar penyeludupan sabu-sabu dari Malaysia di Aceh, Senin (18/9) dan Selasa (19/9). 

Deputi Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Arman Depari menjelaskan, sabu-sabu itu diseludupkan dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut di Kuala Glumpang, Aceh Timur. 

Jenderal bintang dua itu mengatakan, awalnya petugas berupaya menghentikan satu unit kapal nelayan yang dicurigai. Tim kemudian memberikan peringatan untuk berhenti. Namun, kata Arman, anak buah kapal (ABK) mencoba kabur ke daratan. Petugas tidak tinggal diam. Mereka langsung melakukan penggeledahan. "Kami temukan barang dalam tong ikan warna biru yang diduga jenis sabu," kata Arman menjawab JPNN (Pontianak Post Grup), Kamis (21/9). 

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1985 itu menambahkan, petugas kemudian menangkap tiga tersangka masing-masing MS, MH dan IB. Dalam pengembangan, kata Arman, para tersangka mengaku mengambil narkoba di laut Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia. "Narkoba dipindah dari kapala ke kapal (ship to ship)," tegas mantan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) ini. 

Arman menuturkan, dalam pengungkapan ini petugas berhasil menyita 135,750 kilogram sabu-sabu, serta 42.500 butir ekstasi. 

"Barang bukti kapal sementara dititipkan ke Polair Langsa," ungkap perwira tinggi kelahiran Berastagi, Karo, Sumatera Utara 1 Agustus 1962 itu. 

Saat ini, Arman melanjutkan, barang bukti narkoba dan para tersangka sedang dibawa dari Aceh ke Medan untuk selanjutnya digelandang ke markas BNN di Cawang, Jakarta Timur. (ody)

Berita Terkait