Blusukan Suhadi; Mendengarkan Aspirasi, Berikan Solusi

Blusukan Suhadi; Mendengarkan Aspirasi, Berikan Solusi

  Kamis, 14 September 2017 11:37

Berita Terkait

PIMPINAN yang baik adalah pimpinan yang mau mendengarkan keluh kesah warganya. Untuk  mendapatkan itu semua, seorang pemimpin harus selalu turun kebawah melakukan blusukan. Bukan mengumbar janji tetapi mendengar keluh kesah warga untuk dicarikan solusi. Hal inilah yang setiap saat dilakukan Kombes Pol Purnawirawan Drs. Suhadi. Sw, M.Si.

Kebiasaan blusukan Suhadi ini dilakukan sejak masih aktif berdinas di kepolisian. Dengan turun langsung kelapangan bisa mengetahui kondisi yang sebenarnya  tanpa ada yang ditambah atau dikurangi. Kalau sudah mengetahui kondisi riil, maka keputusan yang akan diambil tidak akan keliru atau menyimpang dari realita yang ada.

Menurut Suhadi, banyak manfaat dapat dipetik dalam blusukan. Bisa menambah teman dan mempererat tali silaturahim. Mengurangi potensi konflik dalam masyarakat. Kenapa demikian karena konflik itu terjadi diantaranya disebabkan oleh  komunikasi yang tersumbat, aspirasi yang tidak tertampung dan  adanya rasa ketidak adilan dalam masyarakat.

“Dengan blusukan mendapatkan manfaat yang sangat besar dan tidak disadari konflik bisa dieliminir,” papar Suhadi.

Disamping manfaat tersebut, ada manfaat lain yang bisa dipetik. Antara lain dapat dijadikan sarana untuk memperkenalkan diri,  agar masyarakat mengenal lebih dekat siapa sosok Suhadi Sw yang sebenarnya, apakah ia seorang yang santun, ramah, murah senyum, familiar, humanis atau sebaliknya. Kesemuanya itu akan terjawab ketika melakukan blusukan.

Dengan blusukan menyambangi warga, mereka akan bangga dan senang didatangi, diperhatikan dan didengar keluh kesahnya.

Memang blusukan itu  capek dan kalau tidak biasa susah untuk melakukannnya. Namun bagi yang sudah biasa seperti Suhadi blusukan itu nikmat,  enjoi dan bisa menambah wawasan serta dapat lebih mensyukuri nikmat Tuhan atas apa yang telah didapat dan dinikmati selama ini.**

Berita Terkait