Blue Night Patrol Antisipasi Kriminalitas

Blue Night Patrol Antisipasi Kriminalitas

  Sabtu, 1 Oktober 2016 10:11
BLUE NIGHT : Petugas sedang melaksanakan blue night patrol di Simpang Tugu Pak Tani Mempawah.

MEMPAWAH- Kerja keras Polres Mempawah menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) patut diapresiasi. Salah satu upayanya mengantisipasi tindak kriminalitas dengan menggiatkan patroli secara rutin. Tidak hanya pada siang hari, patroli pun dilaksanakan pada malam hari.

 “Kegiatan patroli pada malam hari ini kita namakan Blue Night Patrol. Tujuannya untuk menekan dan meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas pada malam hari,” terang Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik kepada Pontianak Post, Jumat (30/9) siang di ruang kerjanya.

Kapolres menilai, Blue Night Patrol sangat penting dan strategis dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan meminimalisir aksi kriminal. Mengingat, tindak kriminalitas kerap terjadi pada malam hari.

 “Kita sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan tindak kriminalitas pada malam hari. Dari analisa itulah, petugas melaksanakan patroli pada wilayah-wilayah rawan tersebut. Patroli ini sangat efektif untuk mengantisipasi niat pelaku kriminalitas,” pendapatnya.

Tak hanya mengantisipasi tindak kriminal, imbuh Kapolres, Blue Night Patrol juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar senantiasa patuh dan taat terhadap aturan. Misalnya, memberikan himbauan atau peringatan kepada pengguna jalan agar tidak melanggar rambu-rambu.

 “Himbauan lain juga disampaikan petugas ketika berpatroli. Misalnya himbauan tentang antisipasi pencurian, tindak radikalisme dan pesan-pesan kamtibmas lainnya. Dengan begitu, masyarakat semakin meningkatkan kehati-hatian dan waspada terhadap potensi kejahatan dilingkungannya,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, Kapolres berharap keberadaan polisi mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di wilayah hukumnya. Terutama menyangkut perlindungan dan pengamanan dari segala macam gangguan kamtibmas.

 “Untuk kelancaran kegiatan patroli ini, kita sudah menetapkan jadwal piket petugas. Dengan sistem piket ini, maka Blue Night Patrol dapat selalu dilaksanakan dengan baik dan maksimal dilapangan. Jangan tanyakan berapa lama kami (polisi) beristirahat dimalam hari, tetapi yang paling utama sudah merasa amankah anda (masyarakat) sekarang?,” serunya mengakhiri.(wah)