BKSDA Evakuasi Enggang Badak

BKSDA Evakuasi Enggang Badak

  Minggu, 15 May 2016 10:08

Berita Terkait

PONTIANAK- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat mengevakuasi Burung Enggang Badak (Buceros rhinoceros) dari tangan pemiliknya di Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah, Jumat (13/5).

Kepala Balai KSDA Kalbar Sustyo Iriyono mengatakan, burung enggang badak yang diberi nama Cula itu diserahkan secara sukarela oleh pemiliknya Lim Kuang Tang, warga Jalan Gusti Moch Taufik, Desa Terusan Kecamatan Memmpawah Hilir Kabupaten Mempawah setelah dipelihara selama tiga tahun. “Satwa ini diserahkan secara suka rela oleh pemiliknya,” kata Sustyo, kemarin.

Menurut Sustyo, dari hasil identifikasi, burung tersebut berjenis kelamin jantan dan dalam kondisi sehat. “Saat ini burung Enggang Badak sudah diamankan di kantor BKSDA Kalimantan Barat guna perawatan lebih lanjut,” lanjutnya.

Burung enggang ini termasuk satwa liar yang dilindungi. Sehingga jika tidak diserahkan kepada Negara, pemilik bisa dikenakan sanksi dengan tuntutan hukuman selama 5 tahun dan denda srkitar Rp 200 juta.

Evakuasi burung jenis ini sudah yang kesekian kalinya dilakukan oleh BKSDA Kalbar. Sebelumnya, pada 25 Oktober 2014, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat  bersama dengan Polres dan Polsek Pontianak Kota mengevakuasi seekor burung enggang warga di Jalan Ilham, Gang Delapan Bersaudara.

Burung Enggang Badak ini merupakan jenis burung dari keluarga hornbill yang memiliki ukuran tubuh terbesar. Burung dewasa akan mencapai panjang 110-127 cm dan berat 2-3 kg. Burung ini dapat hidup sampai 35 tahun.

Seperti jenis2 hornbill yang lain, Enggang jantan memilki mata yang berwarna orange atau merah sedangkan burung betina memilki mata yang keputih-putihan.

Burung ini dapat ditemukan di Semenanjung Melayu, Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Untuk Makanannya, burung ini memakan terutama buah-buahan juga kadal, kelelawar, tikus, ular, burung dan berbagai jenis serangga.

Perlu diketahui jg burung jenis ini terkenal karena kesetiaannya terhadap pasangannya. Mereka akan berpasangan dengan pasangannya sampai seumur hidup. (arf)

Berita Terkait