BKKBN , Dimulai dari Keluarga

BKKBN , Dimulai dari Keluarga

  Senin, 7 December 2015 09:59
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty

Berita Terkait

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty mengatakan, keluarga merupakan unit terkecil kelompok sosial dalam pembentukan karakter dan norma-norma kehidupan. Maka peran keluarga sangatlah penting dalam membangun karakter bangsa. Apalagi Indonesia akan menyongsong Bonus Demografi tahun 2020-2030 dimana usia produktif (15-65 tahun) diproyeksikan akan lebih banyak dibandingkan usia nonproduktif yang diharapkan bisa dipersiapkan sejak dini agar tercipta karakter positif yang dibangun dari lingkungan keluarga.

Hal ini diperlukan dukungan dari semua pihak termasuk seluruh masyarakat. Maka dari itu BKKBN merasa perlu mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program KKBPK tersebut. Mupen (Mobil Unit Penerangan KB) on The Road adalah satu cara dalam sosialisasi dan promosi program KKBPK yang disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategi. Sebelumnya kegiatan Mupen on The Road telah dilaksanakan lintas Pulau Jawa-Madura "Pesona Jawara" (2012), lintas Pulau Sumatera "Pesona Amor" (2013), dan "Pesona Best Mother 2014". Kali ini Mupen on The Road dilaksanakan di wilayah Pulau Kalimantan dengan nama "Pesona Borneo Mupen On The Road 2015".

“Kegiatan ini ditujukan untuk membangun kesiapan provinsi di wilayah Kalimantan dalam menyongsong Bonus Demografi yang waktunya tidak sama antar provinsi, dimana Kalimantan Tengah Tahun 2020, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur tahun 2020 serta Kalimantan Barat Tahun 2035,” ucapnya belum lama ini.

Kegiatan ini mempunyai keistimewaan yaitu adanya launching BKKBN Sahabat Pemuda yang merupakan momentum strategis untuk kembali memperkuat jejaring kemitraan di komunitas pemuda guna mempercepat akselerasi Program KKBPK di tingkat lini lapangan.

Tak hanya itu, Kepala BKKBN juga berharap konteks otonomi daerah tidak menjadi kendala pelaksanaan Program KKBPK di daerah karena saat ini Program KKBPK sangat tergantung pada operasionalisasi di tingkat kabupaten/kota. Pesona Smart B-More merupakan kegiatan strategis untuk menggerakkan segenap potensi dan sumberdaya Program KKBPK di kabupaten/kota. Dengan semakin sering terpapar informasi tentang program KKBPK, pada gilirannya, masyarakat  akan semakin memahami pentingnya program KKBPK, sebagai sebuah cara untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan dalam keluarga demi membangun karakter bangsa dalam menyongsong Bonus Demografi yang hanya tinggal 5 tahun lagi terjadi. (iza)

 

Berita Terkait