BKIPM Pontianak Perkuat Sinergi K3

BKIPM Pontianak Perkuat Sinergi K3

  Jumat, 23 March 2018 08:48
PLAKAT: Kepala Stasiun KIPM, Miharjo, S.St.Pi menerima plakat dari Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH.MH. IST

Berita Terkait

PONTIANAK - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pontianak menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Koordinasi dan Kerjasama (K3) yang dihadiri oleh Kapolda Kalimantan Barat dan jajarannya. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kanwil Bea dan Cukai Kalbar, GM Angkasa Pura Supadio, Kapolsek Sungai Raya, Kapolsek Kawasan Bandara Supadio, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Kepala LPPMHP, PSDKP, Kepala Balai KIPM Entikong, Karantina Kesehatan Pelabuhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya , BIN, Camat Sungai Raya dan jajarannya serta pengguna jasa dan tokoh masyarakat. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperkuat sinergi koordinasi, komunikasi dan kerjasama dan memperkuat tugas dan fungsi BKIPM di Wilayah Kalimantan Barat dalam mengawal Undang– Undang No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Undang– Undang No. 31 tahun 2004 tentang Perikanan, dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 56 tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan rajungan (Portunus spp.) dari Wilayah Negara Republik Indonesia. 

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH.MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan BKIPM. Selain itu, ia pun menyatakan sangat mendukung penuh tugas dan fungsi BKIPM dalam penegakan hukum. ‘’Tidak boleh memberikan toleran terhadap masuknya barang-  barang ilegal,‘’ tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolda bersama rombongan beliau meninjau Instalasi Karantina, laboratorium penguji sebagai dasar sertifikasi hasil uji yang berstandar ISO 17025-2005. Kapolda juga menyaksikan video BKIPM dan keberhasilan BKIPM dalam menangani kasus penyelundupan kepiting dan lobster. Diharapkan ke depan, masyarakat Kalbar lebih sadar mutu dan karantina ikan serta patuh terhadap peraturan yang berlaku. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Stasiun KIPM Miharjo, S.St.Pi yang didampingi oleh kepala Balai KIPM Entikong MW. Giri Pratikno, S.Pi, S.H, M.M sangat mengapresiasi atas berkenannya Bapak Kapolda hadir di Stasiun KIPM Entikong di sela-sela kesibukan beliau.*

Berita Terkait