Bikin Milan Hattrick Absen Di Eropa

Bikin Milan Hattrick Absen Di Eropa

  Senin, 23 May 2016 09:46

Berita Terkait

ROMA – Penyerang Juventus Alvato Morata mengakrabi bangku cadangan musim ini. Dari 47 kali pertandingan bareng Bianconeri, julukan Juventus, musim ini, Morata 21 kali mengawali dari cadangan. Namun sepertinya dengan posisi demikian Morata malah terlihat nyaman. Lihat saja pada final Coppa Italia kemarin (22/5) di Stadion Olimpico, baru masuk dua menit sebagai substitusi Hernanes, Morata mencetak gol tunggal buat Juventus di menit ke-110. 

Gol tunggal pemain 23 tahun itu membawa Juventus memenangi Coppa Italia untuk sebelas kalinya. Namun ada rekor yang lebih monumental atas pencapaian ini versi Opta. Juventus adalah satu-satunya klub yang menang Coppa Italia dan Serie A dalam dua musim secara beruntun. 

“Saya sangat bahagia  dengan hasil laga ini. Saya membantu klub menambahkan koleksi piala di lemarinya,” kata Morata seperti diberitakan La Gazzetta dello Sport kemarin. Hadirnya ayah Morata di tribun Olimpico kemarin memberikan suntikan moral yang berlipat. Apalagi pertandingan kemarin terasa spesial karena jadi laga pamungkas musim ini buat Juventus. 

“Jumat (20/5) lalu ayah dan ibu mengatakan kepada saya jika akan bermain dari bangku cadangan dan mencetak gol. Dan momen itu benar-benar terjadi,” ucap Morata lagi. Morata sepertinya sedang memberi kesan seandainya kerasan di Turin bersama Juventus. Sebab sudah santer kabar seandainya mantan klub Morata, Real Madrid ingin menarik kembali Morata ke Valdebebas buat musim depan. 

“Saya tak bisa berpikir dan memutuskan mengenai masa depan saya. Saya hanya ingin fokus untuk Euro 2016 di Prancis mendatang,” tambah mantan pemain Real Madrid Castilla itu. Pada laga kemarin, Milan lebih agresif dalam menggempur pertahanan Juventus. Statistik Whoscored menunjukkan Milan mendominasi penguasaan bola hingga 57 persen. Persentase akurasi umpan Rossoneri, julukan Milan, mencapai 81 persen. Juventus hanya diangka 77 persen. 

Pemain-pemain Milan juga menghujani gawang Juventus yang dijaga Neto kemarin. Milan melakukan 20 tembakan dan 14 diantaranya berstatus on target. Juventus melakukan 11 tembakan an tiga on target. Milan memang sangat menginginkan meraih gelar di Coppa Italia ini. Sebab menang Coppa Italia menjadi satu-satunya tiket buat Milan tampil di Eropa musim depan. Sejak 2013-2014 lalu, Milan 'tertidur' dan absen di kancah sepak bola Eropa. 

Dengan kegagalan menang atas Juventus kemarin, maka pupus sudah harapan Milan main di Eropa musim mendatang. Kalau saja Milan menang maka Riccardo Montolio dkk berhak tampil di fase grup Europa League. Sesuai regulasi UEFA, maka seandainya pemenang Coppa Italia atau piala domestik sudah tampil di Liga Champions maka jatah itu diberikan kepada klub dengan rangking terbaik di liga domestik di luar zona Eropa. 

Dalam hal ini 'durian runtuh' akan didapat Sassuolo musim depan. Neroverdi, julukan Sassuolo, untuk kali pertama akan bermain di babak ketiga Europa League menggantikan jatah Juventus. Allenatore Juventus Massimiliano Allegri kepada Football Italia  kemarin mengatakan kemenangan  kali ini didapat tidak dengan mudah. Milan berhasil membuat Juventus bertarung hingga tambahan waktu. 

“Saya pun mengucapkan selamat kepada Milan yang tampil luar biasa melawan kami. Namun pertandingan final kadang membutuhkan sedikit keberuntungan,” tutur Allegri. Mantan allenatore Cagliati dan Milan itu secara jujur mengakui seandainya sudah mempersiapkan skuadnya buat babak adu penalti. Karena itu pergantian Morata baru dilakukan di babak tambahan kedua. 

Sementara itu, allenatore Milan Cristian Brocchi kepada Football Italia kemarin menyatakan timnya tak layak kalah. Sebab Milan yang bermain kemarin berbeda 180 derajat ketimbang Milan saat kalah oleh AS Roma dengan skor 1-3 di pekan terakhir Serie A Sabtu (14/5) lalu.

Motivasi pemain sudah meninggi. Bahkan Allegri pun mengakui seandainya timnya kerepotan membendung serangan kami,” ucap Brocchi. “Kesalahan kecil di ujung pertandingan menghukum kami dengan sangat kejam,” tambah Brocchi. (dra)

Berita Terkait