Bersiaplah, Anda akan Dikunjungi Petugas Pajak

Bersiaplah, Anda akan Dikunjungi Petugas Pajak

  Kamis, 7 April 2016 09:04
PERSIAPAN : Rapat persiapan penyisiran oleh Kepala KPP Pratama Pontianak, Nurbaeti Munawaroh dan para Kepala seksi, kemarin

Berita Terkait

PONTIANAK--Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa dalam APBN 2016 Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan diharapkan mampu memenuhi target penerimaan negara sebesar Rp1.360,2 triliun.  Salah satu kegiatan yang akan dilakukan guna mencapai target tersebut adalah penyisiran Wajib Pajak dengan geo tagging berbasis website. Dalam konsepnya melalui sistem ini akan ada pemetaan wilayah kerja untuk petugas pajak sesuai potensinya. "Jadi kata kuncinya tolong buat peta potensi," ungkap Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian DJP, Awan Nurmawan Nuh, dalam agenda media gathering di Hotel Ramada, Bali, Jumat (26/2).

Dari pemetaan tersebut akan dipindahkan ke dalam sebuah website dengan format seperti google maps. Pada setiap titik akan ada keterangan meliputi foto, jenis usaha, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bila telah memiliki NPWP akan ditandai dengan warna biru, jika belum memiliki NPWP ditandai dengan warna merah.

Saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (6/4), Kepala KPP Pratama Pontianak, Nurbaeti Munawaroh, mengungkapkan bahwa KPP Pratama Pontianak akan mulai melakukan penyisiran pada tanggal 11 April 2016. “Tidak perlu takut, dan mohon kerja sama dari para pelaku usaha untuk memberikan informasi yang diminta petugas di lapangan” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, petugas akan mengambil foto dan mendata nama/merk usaha, Nomor Induk Kependudukan, NPWP dan data lain sehubungan dengan kegiatan ekonomi di lokasi pelaku usaha. Pendataan akan lebih cepat dilaksanakan apabila data-data tersebut telah dipersiapkan sebelum petugas datang berkunjung.

Kawasan yang dijadikan sasaran penyisiran antara lain sentra bisnis di Jl. Jend. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, Jl. Tanjungpura, Jl. Kom Yos Sudarso, Jl. HRA Rahman – Jl. Husein Hamzah, Jl. Sultan Abdurrahman – Prof M Yamin, Kawasan Nusa Indah – Patimura, Jl. Teuku Umar, Jl. Merdeka – HOS Cokroaminoto, Jl. KH Ahmad Dahlan – KH Wahid Hasyim, Jl. Tanjung Raya, Jl. Khatulustiwa, Jl. Imam Bonjol – Adi Sucipto, Jl. Sungai Raya Dalam, Jl. Purnama. Kawasan perumahan mewah di Jl. Suprapto, Jl. Parit H Husin 2, Jl. Sungai Raya Dalam, Jl. Perdana, Jl. Purnama, Jl. Sepakat 2. 

Sebelum memulai kegiatan penyisiran, terlebih dahulu akan diadakan koordinasi dengan pemangku kepentingan yang lain dari Pemerintah Kota, TNI, maupun Polri guna menciptakan kesepahaman dan sinergi dalam kegiatan ini. (dd/*) 

 

Berita Terkait