Bermain Rapat, Kunci Swiss Tahan Prancis

Bermain Rapat, Kunci Swiss Tahan Prancis

  Senin, 20 June 2016 10:46
FOTO; UEFA

Berita Terkait

SWISS berhasil menahan imbang Prancis tanpa gol di partai pamungkas Grup A Euro 2016, Senin (20/6) dinihari WIB.

Pelatih Swiss, Vladamir Petkovic membeberkan kunci keberhasilannya tersebut. Menurutnya, bermain rapat menjadi rahasia anak asuhnya mengamankan satu poin dari Prancis.

"Saat kami bermain dengan rapat, kami tampil lebih baik. Kami melihat hal tersebut sejak pertandingan kedua dan kami mampu mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri," kata Petkovic usai laga.

Petkovic juga tak ragu untuk memberikan pujian untuk para pemainnya. Pasalnya, sebelum laga, banyak yang memprediksi Swiss akan dikalahkan oleh Prancis.

"Kami bermain dengan baik dan sukses menahan sebuah tim kuat. Saya senang dengan penampilan seluruh tim. Kami menunjukkan jika kami ingin bermain sepak bola. Kami mampu untuk menghadapi tim yang lebih kuat," ungkap Petkovic.

Meski begitu, Petkovic tetap mengakui masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Mengingat laga di babak 16-besar dipastikan akan lebih berat ketimbang di fase grup

"Mungkin masih ada beberapa hal yang terlewat, tapi kami akan memperbaikinya. Sekarang kami punya waktu untuk beristirahat," pungkasnya.

Pada babak 16-besar, mereka akan menunggu runner-up dari Grup C. Swiss berpotensi bertemu Jerman, Polandia, atau Irlandia Utara.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps merasa tim asuhannya pantas untuk meraih kemenangan ketimbang hasil imbang kala bertemu Swiss, Senin (20/6) dinihari WIB.

Laga yang menjadi perebutan juara Grup A tersebut berakhir imbang tanpa gol. Kiper Swiss, Yann Sommer tampil brilian dengan melakukan beberapa penyelamatan penting untuk timnya.

"Ketika kiper lawan menjadi pemain terbaik, itu menandakan kami punya banyak peluang," kata Deschamps usai laga.

"Dengan sedikit ketenangan dan keberuntungan, kami seharusnya bisa memenangi pertandingan ini," sambung Deschamps.

Mantan kapten tim nasional Prancis tersebut juga memuji apa yang ditampilkan oleh Granit Xhaka dkk. Meskipun, Deschamps menyebut Prancis lebih banyak memiliki peluang.

"Secara teknik, Swiss bermain dengan sangat baik, tapi kami punya kesempatan terbaik. Kami tidak bisa mengatakan mereka punya banyak peluang," ujar Deschamps.

Pada kesempatan yang sama, Deschamps mengatakan jika dirinya akan langsung mempersiapkan timnya untuk menghadapi babak 16-besar yang akan dimulai pekan depan.

"Saya sadar kami bisa tampil lebih baik. Namun babak selanjutnya akan dimulai dari sekarang bagi kami. Itu akan dimulai pekan depan dan kami memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan diri," pungkasnya. (zul/JPG)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait