Berkah Di Tahun Monyet

Berkah Di Tahun Monyet

  Senin, 8 February 2016 09:36

Berita Terkait

SINGKAWANG- Pengurus toa pekong di Kota Singkawang sudah mempersiapkan tempat ibadahnya masing-masing. Lantaran Minggu (7/2) malam, umat yang merayakan Imlek 2567 akan mulai melaksanakan ibadah menyambut tahun baru Imlek.

Di Vihara Tri Dharma Buni Raya, misalnya. Minggu pagi hingga siang, pengurusnya telah mempersiapkan perlengkapan ibadah yang diperlukan umat yang datang ke tempat tersebut.

"Kalau bersih-bersih sudah kita lakukan sepekan lewat. Sekarang tengah mengatur perlengkapan ibadah, seperti lilin, dupa dan lainnya," kata Abuy, pengurus tempat ibadah tersebut, saat ditemui wartawan disela-sela kesibukannya, Minggu (7/2).

Persiapan dilakukan, sebutnya, karena pada Minggu malam. Akan banyak datang ke tempat ibadah untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Biasanya sekitar pukul 20.00 WIB, sudah banyak warga berdatangan, untuk laksanakan ibadah sambut Imlek dan akan berlangsung hingga besok pagi (Senin pagi)," katanya.

Alin warga Singkawang mengaku telah bersiap menyambut malam pergantian tahun atau malam Imlek. Selain berencana ke tempat ibadah, dirinya bersama keluarga akan kumpul bersama menikmati makanan yang disiapkan.

"Biasanya kan keluarga yang tinggal jauh, datang dan berkumpul bersama. Nanti akan beribadah bersama dan makan-makan," katanya.

Ibadah yang dilaksanakan, sebutnya, dirinya dan keluarga akan meminta di tahun batu ini selalu diberikan keselamatan.

"Kita berdoa, agar tahun ini kita dan keluarga selalu diberi kesehatan," katanya.

Selanjutnya, ibadah juga akan dilakukan pada pagi hari di hari pertama Imlek. Dilanjutkan dengan saling kunjung.

"Setelah ibadah dipagi hari, kita akan berkunjung ke rumah keluarga yang tertua, saudara ataupun rekan-rekan yang merayakan. Kita juga akan menerima kunjungan juga," katanya. She Moy, warga lainnya juga mengaku hal sama. Selain keselamatan bagi diri dan keluarganya. Dirinya mengharapkan di Imlek tahun ini membawa keberkahan bagi Singkawang dan bangsa Indonesia.

"Kita berharap keberkahan dan kedamaian diberikan kepada bangsa Indonesia," katanya.

Dalam merayakan Imlek tahun ini. Dirinya akan berkumpul bersama keluarga. "Kita kumpul keluarga,dan tak lupa kita berdoa bersama menyambut Imlek," katanya.

Sekretaris Panitia CGM, Sumberanto Tjitra mengatakan Stadion Kridasana di persiapkan sebagai pusat pentas

seni dan budaya dalam rangka perayaan Imlek 2567 dan Cap Go Meh 2016 di Kota Singkawang.

Pembukaan akan dilakukan pada Senin (8/2) sehingga arena yang biasanya digunakan bermain sepak bola tersebut, akan berdiri panggung.

Akan ada panggung untuk pentas seni dan budaya dengan luas 20 x 20 meter. Kemudian disamping kanan panggung pementasan, akan dibuar taman bunga dengan luasan 41  X 40 meter. Sementara disamping kiri dibangun rumah teh (tea) dengan luas 12 X 12 meter.

Lantaran tahun ini merupakan tahun monyet. Tak lengkap jika replika Sun go khung tak ada. “Sesuai dengan tahunnya, akan dibuat replika Sun Go Kong di dalam taman bunga,” katanya.

Di Stadion Kridasana,. Juga akan ada stand akan meramaikan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini. “Nanti akan banyak stand dibangun di Stadion, ini sebagai upaya untuk membuka kesempatan bagi. masyarakat atau pihak manapun terutama UKM untuk menjual atau memamerkan produk masing-masing,” katanya.

Selain itu juga disiapkan lampion raksana. Sehingga kesemuanya bisa dinikmati masyarakat sebagai pengunjung.(fah)

Berita Terkait