Beri Pemahaman Kelola Dana Hibah

Beri Pemahaman Kelola Dana Hibah

  Selasa, 29 March 2016 09:50
SOSIALISASI PERBUP: Kepala DKP Kabupaten Ketapang, Khairani (tengah), saat memberikan pemahaman terkait pengelolaan dana hibah di Kendawangan, 22 Maret lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Ketapang, Khairani, menjelaskan bahwa masyarakat calon penerima dana hibah tahun 2016, memerlukan pemahaman yang cukup. Selain itu, dia menambahkan, masyarakat juga harus mengetahui tata cara pengelolaan dana hibah agar tidak salah sasaran.

Oleh karena itu, dikatakan dia, perlu dilakukan sosialisasi terkait Peraturan Bupati (Perbup) Ketapang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengelolaan dan Hibah. "Hal ini perlu agar penerima dana hibah tidak menyalahgunakan dan mengerti bagaimana cara mengelola dana hibah itu," katanya, kemarin (28/3).

DKP pun bergerak cepat untuk melakukan sosialisasi tersebut ke kecamatan-kecamatan di Ketapang. "Beberapa daerah sudah dilakukan sosialisasi. Di antaranya di Kecamatan Kendawangan pada 22 Maret lalu. Untuk kecamatan lainnya segera menyusul," jelasnya.

Khairani mengungkapkan, pada kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh para ketua dan para anggota kelompok nelayan yang akan menerima hibah tahun 2016. "Mereka kita berikan pemahaman dan arahan. Setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan mereka mengerti dan paham dalam pengelolaan dana hibah," harapnya.

Ia menambahkan, khusus di DKP Kabupaten Ketapang, ada program kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan hibah. Oleh karena itu, sangat perlu bagi mereka memberikan pemahaman, khususnya kepada masyarakat nelayan, agar mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penerimaan  hibah sesuai ketentuan berlaku. 

Khairani juga memaparkan bagaimana masyarakat  nelayan harus menjalin kerja sama yang baik sesama nelayan. Mereka juga mengingatkan kepada para nelayan agar jangan menggunakan alat penangkap ikan yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. "Kita juga berharap, para nelayan melakukan aktivitas melautnya dengan tidak melanggar peraturan," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait