Berharap Prestasi itu Bisa jadi Agen Perubahan Siswa

Berharap Prestasi itu Bisa jadi Agen Perubahan Siswa

  Jumat, 20 May 2016 09:30

Berita Terkait

Nama Kalimantan Barat kembali harum di dunia pendidikan. Untung Surya, guru SMAN 1 Pontianak meraih Australian Award Tahun 2016. Hari ini, Kamis (19/5), ia berangkat ke Australia untuk mengembangkan kompetensi dan wawasannya. 

CHAIRUNNISYA, Pontianak

TAK mudah bagi Untung dalam meraih Australian Award. Kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Agama dengan Lembaga Internasional Australian Awards. Ia harus mengikuti berbagai seleksi. Dimulai dari seleksi administrasi. 

Dimulai seleksi administrasi. Untung harus mengirimkan portopolio yang dilengkapi sertifikat TOEFL, disertai lampiran berisi prestasi sebagai guru pendidikan Agama Islam dan karya ilmiah berupa personal paper. Semuanya dikirimkan secara online. 

Untung pun termasuk satu diantara 300 orang yang lolos pada tahap pertama. Kemudian ia pun mengikuti seleksi kompetensi berupa reading test, writing test, dan listening. Terdapat juga penggalian wawasan tentang pendidikan dan multikultural.

Ternyata Untung juga lulus seleksi kedua. Ia pun mengikuti tahap terakhir yakni wawancarai langsung dengan tim penilai dari Dirjen PAIS dan Lembaga Internasional Australian Awads.

“Kementerian Agama Jakarta bekerjasama dengan Lembaga Internasional Australian Awards memberikan kesempatan kepada guru dan pengawas pendidikan Agama Islam di Indonesia untuk mengikuti seleksi The Australia Awards Islamic Education to Promote Multiculturalism Short Term Awards 2016,” jelas Untung.

Hasil seleksi pun diperoleh Untung. Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI Nomor 629/ DJ.I/ DT.I.II/PP.00/04/2016 tanggal 20 April 2016, ia dinyatakan lolos. Untung berhak mengikuti Short Course ke Australia.

“Totalnya ada 26 orang dan hanya 16 provinsi yang berhasil masuk nominasi,” kata Untung yang pernah meraih prestasi sebagai Juara I Tingkat Nasional dalam Lomba Kreativitas Pembelajaran di Banten pada 2008 ini.  

Untung pun dinobatkan Kementerian Agama sebagai salah satu Instruktur Nasional (IN). Ia berharap prestasi yang diraihnya itu bisa menambah khazanah baru dalam dunia pendidikan dan menjadi agen perubahan bagi siswa. Ia juga berharap menjadi motivasi bagi guru-guru di Kalbar agar selalu optimis dalam menyikapi perkembangan dunia pendidikan saat ini. (uni)

Berita Terkait