Berharap Peserta Bertambah

Berharap Peserta Bertambah

  Kamis, 7 April 2016 09:36
Ucup Supriatna

Berita Terkait

KEPALA Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Ucup Supriatna, memastikan hingga hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), tidak terdapat kendala yang cukup berarti. Bahkan, penyelenggaraan Unas tahun ini, diakui dia, lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Semuanya berjalan lancar dan tidak ada kendala. Pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini juga kami anggap lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Ucup, kemarin (6/4) siang.

Ia menjelaskan, buat kali pertama pelaksanaan Unas tahun ini menggunakan dua basis, yaitu komputer dan menggunakan kertas. "Baik yang menggunakan komputer dan menggunakan kertas juga tidak ada kendala. Mulai dari pendistribusian hingga selesai pelaksanaan," jelasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima mereka pun, hanya ada satu siswa yang tidak dapat mengikuti Unas di hari pertama. "Siswa SMAN 3 Ketapang. Dia izin karena ayahnya meninggal. Hari kedua dan ketiga dia ikut. Selain siswa itu, tidak ada lagi. Semuanya ikut hingga terakhir," ungkapnya.

Siswa yang tidak mengikuti karena izin, dipastikan dia, akan mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan pada 11 – 13 April mendatang. Pelaksanaan ujian susulan itu sendiri, menurut dia, akan dilakukan di sekolah masing-masing. "Berhubung yang akan mengikuti ujian susulan hanya satu orang dari SMAN 3 Ketapang, jadi pelaksanaan ujian susulan kita lakukan di sekolah tersebut," papar Ucup.

Ucup juga mengungkapkan jika pelaksanaan Unas tahun ini telah dipersiapkan mereka sejak jauh-jauh hari. Terlebih, dia menambahkan, ada dua sekolah yang melaksanakan dengan berbasis komputer (UNBK), yaitu SMKN 1 dan SMKN 2 Ketapang. "UN (Unas, Red) menggunakan komputer tidak ada kendala, bahkan lebih mudah dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Oleh karena itu, berkaca pada suksesnya pelaksanaan UNBK di Ketapang, ia berharap agar di tahun-tahun berikutnya, lebih banyak lagi sekolah yang melaksanakannya, khususnya di dalam Kota Ketapang. "Kita berharap tahun depan sekolah yang melaksanakan UNBK bisa bertambah," harapnya. "Ini berdasarkan hasil UNBK tahun ini yang kami anggap sukses. Tidak ada kendala, baik suplai listrik maupun jaringan internet, semuanya lancar," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait