Berharap Pembangunan Sentuh Rakyat Marginal

Berharap Pembangunan Sentuh Rakyat Marginal

  Minggu, 26 June 2016 10:45
BANTU ANAK-ANAK: Ketua DPRD Kabupaten Mempawah Dr H Rahmad Satria SH MH menyerahkan bantuan kepada remaja dan anak-anak, dalam kunjungan kerja masa resesnya ke Kecamatan Anjongan, Jumat (24/6) sore. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH – Menyerap aspirasi masyarakat, ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr H Rahmad Satria SH MH menggelar reses ke Kecamatan Anjongan, Jumat (24/6) sore. Kegiatan tersebut bertempat di Masjid Nurul Islam. Hasilnya, masyarakat menuntut adanya pemerataan program pembangunan dari pemerintah daerah.

“Intinya, masyarakat menuntut pembangunan lebih merata di seluruh wilayah kecamatan. Karena, selama ini pembangunan masih didominasi wilayah Kota Mempawah, sehingga, belum menyentuh pada kepentingan masyarakat pinggiran atau marginal,” ungkap Rahmad kepada wartawan di sela-sela reses.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mempawah itu menerangkan, ada prosedur dan mekanisme yang harus dilalui dalam proses penganggaran. Yakni, dijabarkan dia, berkenaan dengan penetapan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

“Pada prinsipnya, pemerintah daerah ingin membangun seluruh wilayahnya dengan adil dan merata. Namun, kita juga harus memperhitungkan kondisi keuangan daerah. Keterbatasan anggaran yang ada, sehingga kami harus menetapkan skala prioritas dalam pembangunan di masyarakat,” terangnya.

Dalam menetapkan prioritas pembangunan, Legislator Dapil Siantan-Segedong itu menyebut, pihaknya lebih mengedepankan program pelayanan publik. Artinya, dijelaskan dia bahwa pembangunan infrastruktur terkait pelayanan publik, akan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam setiap penganggaran.

“Misalnya pembangunan gedung puskesmas. Kalaulah fasilitasnya kurang baik, maka akan menghambat akses pelayanan kesehatan. Makanya, harus ditingkatkan supaya derajat kesehatan masyarakat juga lebih baik,” paparnya.

Selain itu, masih menurut Rahmad, prioritas program pembangunan pada fasilitas kantor camat. Pada tahun anggaran 2016 ini, diungkapkan dia bahwa Pemerintah Kabupaten Mempawah akan merealisasikan pembangunan Kantor Camat Mempawah Hilir. Diharapkan dia agar pembangunan itu semakin memaksimalkan pelayanan masyarakat.

“Saat ini pembangunan Kantor Camat Mempawah Hilir sedang berlangsung. Kita prioritaskan pembangunan ini, lantaran kondisinya memang perlu perbaikan. Jika tidak diperbaiki, dikhawatirkan fasilitas kantor dapat mencelakakan masyarakat yang sedang mengurus administrasi maupun keperluan lainnya,” tuturnya.

Di samping pembangunan fasilitas publik tersebut, pria yang digadang-gadang kandidat kuat Bupati Mempawah ini menyebut, infrastruktur jalan juga masuk dalam skala prioritas program pembangunan daerah. Terlebih, dia menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur jalan akan membuka akses di masyarakat.

“Pada tahun ini, anggaran daerah sudah mencapai angka Rp1 triliun. Kita akan upayakan semaksimal mungkin, agar program pembangunan direalisasikan secara adil dan merata di seluruh wilayah di Kabupaten Mempawah,” janjinya mengakhiri.

Selain menyerap aspirasi masyarakat, dalam pelaksanaan reses tersebut Rahmad juga menyerahkan bantuan kepada para remaja dan anak-anak yang hadir dalam kesempatan itu. (wah)

 

Berita Terkait