Berharap Berkah Naga

Berharap Berkah Naga

  Senin, 22 February 2016 08:40
DISAMBANGI NAGA: Ketua DAD Ketapang Henrikus beserta keluarga, berfoto bersama dengan naga, yang menyambangi kediamannya, Minggu (21/2) siang. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

DUA naga sepanjang 40 dan 20 meter menyambangi kediaman ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, Henrikus, di Jalan KH Mansyur, Minggu (21/2) siang. Keluarga besar Henrikus pun memberikan angpau dan berharap mendapatkan berkah karena telah didatangi.

Kedatangan dua ekor naga yang dimainkan sekitar 200 orang ini, sudah ditunggu oleh keluarga besar mantan Bupati Ketapang ini. "Kita menunggu sejak pagi. Kita berikan makanan dan minuman, kita berikan angpau juga. Kita berharap mendapat berkah," kata Henrikus didampingi istrinya, Ny Riniwati Henrikus, kemarin (21/2).Kedatangan dua ekor naga tersebut mendapat sambutan hangat. Warga yang melintas di jalan tersebut juga berhenti dan menyaksikan atraksi naga yang sudah buka mata, Sabtu (20/1) lalu. "Kami senang dikunjungan naga. Setiap tahun naga-naga ini datang ke rumah kami," jelasnya.

Ia menambahkan, ini merupakan tahun ke-11 naga mendatangi rumahnya. Sejak ia menjabat Wakil Bupati hingga Bupati, naga tersebut tidak pernah absen datang ke rumahnya. "Kami berharap setiap tahunnya kami disambangi. Karena menurut kepercayaan, ada berkahnya," ungkap Henrikus.Menurutnya, perayaan Imlek yang diisi atraksi naga dan barongsai merupakan suatu budaya yang harus tetap dilestarikan, sehingga ke depan kebudayaan ini akan terus ada. "Ini salah satu budaya dari banyaknya budaya di Kalbar, khususnya di Ketapang yang harus dilestarikan. Ini juga tidak hanya sebatas budaya, tetapi juga menjadi hiburan bagi masyarakat," paparnya.

Salah satu koordinator atraksi naga, Antoni Salim, mengungkapkan, ada tujuh naga yang ikut merayakan Imlek tahun ini. "Sudah buka mata Sabtu (20/2) kemarin. Yang datang ke rumah Pak Henrikus ini ada dua. Ada yang panjangnya 40 meter dan satunya lagi 20 meter. Besok (hari ini, Red) tujuh naga akan turun ke jalan," katanya.Ia menjelaskan, pada puncak perayaan Cap Go Meh di Ketapang, akan menampilkan tujuh naga dengan puluhan tatung di beberapa ruas titik jalan di Kota Ketapang. "Untuk Cap Go Meh, tujuh naga disiapkan. Dua naga dari Melano, Kayong Utara. Untuk tatung ada 20 orang," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait