Berdayakan Masyarakat

Berdayakan Masyarakat

  Rabu, 24 February 2016 09:55
Agus Sudarmansyah

Berita Terkait

ANGGOTA DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah menilai cukup berkembangnya pembangunan di Kubu Raya seharusnya diiringi dengan optimalisasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.“Kalau kita lihat secara umum, pembangunan daerah di Kubu Raya sudah mulai berkembang, alangkah baiknya jika pertumbuhan pembangunan ini juga dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kubu Raya,” kata Agus Sudarmansyah.

Menurutunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti dengan menggalakkan program pemberdayaan masyarakat, dengan begitu masyarakat akan terbiasa untuk hidup mandiri dalam mengolah berbagai potensi sumber daya alam dimiliki di daerah masing-masing.

Di Kubu Raya sendiri hingga sekarang sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya berasal dari sektor pertanian, nelayan dan sebagian buruh. “Nah jika ingin pemerataan peningkatan penghasilan ini tercapai sudah seharusnya dipacu dari semua sektor yang menunjang semakin bergairahnya aktivitas sektor pertanian, nelayan dan sejenisnya,” ucapnya.

Sejauh ini politisi PDIP ini melihat sudah ada sejumlah program yang digencar pemerintah daerah setempat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, namu memang dirasakan masih belum merata dirasakan masyarakat.

“Kalau yang namanya bantuan memang tidak bisa sepenuhnya dalam waktu yang bersamaan merata diberikan. Bantuan yang diberikan itu hanya bersifat stimulus saja. idealnya jika ingin maju masyarakat  juga harus pro aktif untuk meningkatkan potensi skill dan sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan begitu akan lebih mandiri untuk meningkatkan potensi alam yang bisa diberdayakan,” paparnya.

Masih dipriorotaskanya pembangunan jalan poros juga mendapat dukungan dari Ketua Fraksi PDIP Kubu Raya ini. Dia melihat dengan semakin meningkatnya kualitas jalan maka akan mendorong mobilitas penduduk dalam  melakukan berbagai aktivitas perekonomian.

“Selain jalan poros saya juga berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa meningkatkan peran setiap kelembagaan masyarakat seperti koperasi termasuk menguatkan permodalannya. Jika masyarakat sudah mantap dari sisi pemberdayaan lantaran skill atau kualitas sumber daya manusianya sudah terasah, maka untuk meningkatkan kesejahteraan bukan menjadi hal yang sulit lagi kedepan,” pungkasnya. (ash)

 

Berita Terkait