Berat Transfer Foto

Berat Transfer Foto

  Kamis, 5 November 2015 08:10
Nadine Chandrawinata,

BAGI Nadine Chandrawinata, 31, traveling telah menjadi bagian dari hidup. Berdasar pengakuannya, sepanjang 2015, hari-harinya lebih banyak dihabiskan untuk bepergian. Hari-hari yang dilewati di Jakarta bisa dihitung jari. ''Sisanya bertualang keliling Nusantara,'' katanya saat ditemui di kawasan SCBD, Kebayoran Baru, kemarin (4/11).  Ujung barat hingga pelosok timur Indonesia sudah dijelajahi Nadine. Ada dua benda yang wajib dibawa. Yakni, notebook dan smartphone. ''Dua benda ini sangat membantu, terutama saat dilanda bosan,'' tutur host My Trip My Adventure tersebut.

  Notebook biasanya digunakan Nadine untuk membuat beragam sketsa dari momen-momen tertentu yang ditemui selama perjalanan. Selain menggambar, Nadine doyan motret. Smartphone yang dibawanya berfungsi menjepret momen-momen tersebut agar bisa langsung diunggah ke media sosial.  ''Saya sudah jarang sekali bawa kamera. Sekarang saya lebih suka memotret dengan smartphone,'' ungkap kakak Marcel dan Mischa Chandrawinata tersebut.

  Soal teknik foto, Nadine tidak pernah main-main. Karena momen yang dialaminya belum tentu bisa terulang, foto bagus menjadi hal wajib bagi Nadine. Dia pun berguru kepada Rio Motret, fotografer profesional langganan selebriti.  Menurut Nadine, saat akan menjalani trip, dirinya selalu berkonsultasi dulu dengan Rio tentang cara mengambil gambar yang baik. Mulai angle hingga komposisi. ''Rio tuh mata elang. Bisa melihat apa yang enggak bisa kita lihat,'' jelas Nadine memuji pria bernama asli Rio Wibowo tersebut.

  Nadine selalu membekali ponsel pintarnya dengan memori besar agar mampu menyimpan banyak foto di dalamnya. Menurut dia, dalam waktu kurang dari sebulan, lebih dari 4.000 foto sudah dihasilkannya. Waktu memindahkan foto ke laptop pun, Nadine sempat mengalami kesulitan. ''Enggak kelar-kelar. Tapi, akhirnya selesai juga dan menyisakan 14 foto saja yang sekarang ada di sini,'' ucap Nadine sambil menunjuk ponsel pintarnya. (and/c14/ayi)