Berani untuk Berkarya

Berani untuk Berkarya

  Kamis, 23 June 2016 09:30

Berita Terkait

Tak perlu menunggu menjadi hebat untuk menciptakan sebuah karya, kamu hanya perlu ‘berani’ memulainya saja. Seperti yang dilakukan oleh sutradara lokal, Rivardo Trimarda Kusuma. Cowok kelahiran 16 Maret 1992 ini memulai karir perfilmannya dengan bermodal ‘berani’ dan pengalaman menjadi fotografer sebelumnya. Meskipun awalnya hanya iseng mencoba, siapa yang mengira justru sekarang doi malah jatuh cinta dan kecanduan menjadi sutradara.

Tahun 2011 adalah tahun pertama Rivardo terjun ke dunia perfilman dengan mencoba posisi sebagai sutradara. Doi aktif belajar secara otodidak melalui internet, praktek langsung dan rutin sharing dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Ia membuktikan keseriusan hobinya lewat beberapa karya, diantaranya adalah dua film pendek yang berhasil disutradarainya yang berjudul “Axel & Ellen” (2013) dan “Vigilante” (2014). Kedua film ini bergenre action, “Axel & Ellen menceritakan perjalan dua orang remaja yang menjadi tentara bayanganya sedangkan “Vigilante” bercerita tentang sekelompok perampok yang mengaku sebagai pahlawan. Cowok yang sangat menyukai film Pirates Of The Caribbean ini mengaku setiap karyanya terinspirasi dari film action Hollywood seperti “Expendables”, “Fast & Farious” dan sejenisnya. Jadi, jangan heran kalau film karyanya juga berbau action.

Mendapatkan banyak pengalaman adalah keuntungannya menjadi seorang sutradara. Apalagi ketika hasil karyanya diapresiasi orang lain. Wah, itu adalah kebanggan tersendiri bagi doi. Selain itu menjadi sutradara membuat kita banyak belajar dan mendapatkan pengetahuan karena setiap penggarapan film selalu dimulai dengan melakukan research mengenai apa yang mau diangkat dalam film seperti kearifan lokal, lokasi serta pengemasan film agar menjadi apik. Tidak hanya itu, terjun ke dunia film juga akan membuat kita mengenal banyak orang-orang hebat.

Dalam perjalanannya sebagai sutradara, tentu Rivardo juga mengalami kendala. Masalah yang sama dialami oleh kebanyakan sutradara lokal yaitu terkendala budget karena penggarapan sebuah film yang lumayan menguras isi dompet. Nah, buat kamu yang pengen menjadi sutradara, Rivardo punya pesan nih. “Jangan gampang nyerah dengan penghalang yang bakal kamu temui dan terus belajar menggali potensi diri dari media mana pun,” ungkapnya. By the way, dalam waktu dekat ini Rivardo dan teman-teman akan menggarap sebuah film animasi lho! Wah, kira-kira animasinya bakal ada actionnya juga nggak ya? Jadi nggak sabar! (dee)

 

Berita Terkait