Beralih ke End-to-End Encryption, Sistem Keamanan WhatsApp tak Bisa Dijebol

Beralih ke End-to-End Encryption, Sistem Keamanan WhatsApp tak Bisa Dijebol

  Rabu, 6 April 2016 14:20
Beralih ke End-to-End Encryption, Sistem Keamanan WhatsApp tak Bisa Dijebol. WhatsApp.com

WhatsApp kembali menghadirkan fitur terbaru. Kali ini fitur yang dihadirkan aplikasi pesan instan itu mengubah sistem keamanan menjadi End-to-End Encryption.

Mode keamanan tersebut sama seperti yang digunakan iMessage, aplikasi milik Apple. Setiap pesan yang dikirim langsung dienkripsi secara aman dan hanya bisa dibuka oleh pengirim dan penerima pesan saja.

"Ketika Anda mengirim pesan, satu-satunya orang yang bisa membacanya adalah si penerima pesan atau grup obrolan yang Anda kirim. Tidak ada yang bisa melihat ke dalam pesan itu. Baik itu hacker maupun penjahat dunia maya lainnya tidak bisa menjebol pesan itu. End-to-end enkripsi membantu membuat komunikasi via WhatsApp pribadi, semacam seperti percakapan tatap muka," tulis WhatsApp di situs resminya, Rabu (6/4).

Fitur tersebut akan otomatis aktif ketika berkirim pesan asalkan Anda sudah menggunakan versi terbaru aplikasi WhatsApp. Tidak ada pengaturan apapun, semua chat akan menggunakan mode End-to-End Encryption sebagai fitur keamanan bawaan.

Seperti diketahui, setelah WhatsApp diakuisisi Facebook telah banyak mengalami perubahan yang diberikan dari segi fitur. Hal paling menarik adalah fitur Voice Call di WhatsApp, fitur WhatsApp Web untuk pengguna komputer dan WhatsApp yang gratis sepenuhnya untuk semua pengguna. (fab/JPG)