Beragam Profesi Bantu Duafa dan Fakir Miskin

Beragam Profesi Bantu Duafa dan Fakir Miskin

  Rabu, 27 July 2016 09:51
BANTUAN: Tim Komunitas Sedekah Gajian berfoto usia memberikan bantuan kepada Syarifah Satay yang tinggal di Pontianak Selatan. ISTIMEWA

Berita Terkait

Kegiatan bakti sosial merupakan salah satu bentuk kepedulian tehadap sesama sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan. Lewat Komunitas Sedekah Gajian, para anggotanya berusaha membantu kaum duafa serta fakir miskin.

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

GAJIAN merupakan akronim dari Gerakan Amal Jariyah Pontianak. Komunitas yang diketuai oleh dara mudah bernama Suci Purnama Jasmin ini berusaha untuk turut terlibat dalam segala bentuk kegiatan bakti sosial. Bertujuan membantu kaum duafa serta fakir miskin yang ada di Kota Pontianak. 

“Terhitung Maret 2016, komunitas kami berdiri sejak empat bulan yang lalu," ungkap wanita 24 tahun ini. 

Dia menjelaskan, masing-masing anggota mempunyai profesi yang berbeda-beda mulai dari guru, dokter dan pekerja swasta. Dengan visi misi membentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan. 

“Dalam komunitas ini kami bentuk menjadi satu visi dan misi, gunanya membentuk kepekaan akan kepedulian, Alhamdulillah meski baru cukup  diapresiasi oleh masyarakat,” tambahnya.

Selain memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok kepada setiap kaum duafa, komunitas ini juga memberikan modal usaha. Agar nantinya para kaum duafa tersebut bisa menyambung hidup sehari-hari. Mereka juga mengikutsertakan tenaga medis untuk terlibat, karena tak jarang beberapa target kaum duafa yang akan dibantu mengalami sakit. 

“Tak hanya menyerahkan bantuan, kami juga turunkan tenaga medis untuk membantu mereka yang mengalami sakit. Bahkan kami melakukan pemeriksaan fisik pada yang tertimpa sakit dan diberi obat,” imbuhnya.

Dalam setiap kegiatannya Sedekah Gajian juga selalu mengikutsertakan remaja dengan tujuan memberikan edukasi kepada mereka untuk belajar pentingnya berbagi kepada sesama.

Salah satu remaja anggota komunitas, Intan mengaku senang bisa tergabung dan terlibat di sana. Menurutnya dari pada remaja-remaja melakukan hal-hal negatif atau tak berguna, akan lebih baik mengikuti kegiatan sosial ke arah yang positif. "Tujuannya jelas, banyak pelajaran yang bisa didapat," akunya. 

Terkait pencarian donasi komunitas ini telah melakukan beberapa program. Salah satunya program donasi botol yaitu donasi menggunakan media botol sebagai tabungan. Botol bekas  nantinya diisi uang recehan oleh para anggotanya, kemudian setiap bulannya botol yang berisi uang recehan tersebut dihitung untuk keperluan kebutuhan pokok para kaum duafa yang membutuhkan.

Selain program botol melalui media sosial juga disebarkan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan. Sejauh ini respon masyarakat dinilai cukub baik, bahkan ada warga yang rutin mentransfer bantuan ke nomor rekening komunitas Sedekah Gajian.(*)

Berita Terkait