Bentuk BUMDes, Bantu Warga

Bentuk BUMDes, Bantu Warga

  Senin, 4 April 2016 09:15
BUMDes: Musyawarah Desa pendirian BUMDes berlangsung di depan kantor desa Sebayan yang dihadiri beberapa pejabat dari eksekutif, legislatif, dan tokoh masyarakat Sebayan. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS- Adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memperoleh barang-barang kebutuhan."Diharapkan dengan terbentuknya BUMDes ini, akan membantu masyarakat untuk memperoleh barang-barang kebutuhan pertanian seperti pupuk, peralatan pertanian dan sembako dengan harga terjangkau," kata Kepala Desa Sebayan, Ismet kepada wartawan usai  Musyawarah desa yang membahas pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebayan.

Menurutnya, pembentukan BUMDes merupakan salah satu wadah atau cara mempermudah. “Terpenting adalah kita mengupayakan bagaimana BUMDes ini menjadi solusi Pemerintah Desa memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Misalnya, ketika ada petani yang butuh pupuk, sedangkan mereka tidak punya uang tunai, maka kita bisa membantu memberi mereka pupuk, dengan perjanjian akan dibayar kemudian setelah panen,” kata Ismet.

Pada musyawarah desa tersebut dihadiri oleh para undangan dari unsur SKPD terkait dari  Pemkab Sambas, dan tampak beberapa anggota DPRD, Pemerintah Desa, BPD, tokoh masyarakat dan warga desa Sebayan. Dalam musyawarah tersebut juga menghasilkan tiga poin penting, yaitu terbentuknya Tim Pengawas BUMDesa. Kemudian terbentuk pula unit-unit usaha. Dan poin terakhir yaitu warga bersepakat memberi nama BUMDesa dengan nama  "Usaha Bersama".

Ketua BPD Sebayan, Yayan Ridwan MAg mengatakan bahwa MUSDES kali ini menjadi titik awal yang baik sebagai upaya Pemerintah desa Sebayan memberikan pelayanan terbaik pada warganya. "Dengan terbentuknya BUMDesa, yang usahanya antara lain berupa Sabrodi, sembako, kemudian akan menyusul unit usaha lainnya, adalah sebagai upaya kita memberikan kemudahan akses barang pertanian dan kebutuhan pokok warga masyarakat, sehingga mereka tidak terbebani dengan hal-hal yang terlalu rumit," ujar dia. Yayan mengatakan bahwa yang mendasari pelaksanaan pembentukan BUMDesa ini adalah dalam rangka melaksanakan tuntutan undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, kemudian diperkuat lagi dengan hasil rapat panitia MUSDes Desa Sebayan tanggal 18 Maret 2016 yang lalu.

BUMDesa "Usaha Bersama" Desa Sebayan dimotori oleh Amat Saleh sebagai Dewan Direksinya. Kemudian Tim Pengawasnya terdiri dari Imran, Surahman, M Nuh, Juhendi, Asnan, Budi Setia, Jana, Rusmini, dan Andika.(fah/*)

Berita Terkait