Benahi Suplai Air, Bongkar Jaringan

Benahi Suplai Air, Bongkar Jaringan

  Senin, 7 March 2016 08:26
BONGKAR JARINGAN: Tampak salah seorang petugas PDAM sedang membongkar jaringan yang mengalami gangguan, dalam perbaikan yang dilaksanakan kemarin. FROM THETANJUNGPURATIMES.COM

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Setelah dilantik sebagai Direktur PDAM Tirta Kapuas, M Saini Hadi terus melakukan pembenahan. Dalam beberapa pekan terakhir ini, ia mengerahkan karyawannya untuk membongkar jaringan pipa di sejumlah tempat seperti di Jalan Antasari, Kecamatan Putussibau Utara, Minggu (6/3) pagi. Pembongkaran tersebut dilakukan mereka untuk memperbaiki permasalahan suplai air kepada pelanggan pada Jalur Gajah Mada hingga Desa Pala Pulau.

"Kami bongkar di sini dulu (Jalan Antasari, Red) untuk cek suplai air. Ternyata di sini airnya deras," terang Saini ditemui harian ini di sela-sela kesibukannya. Dia bahkan sampai memimpin langsung karyawannya menggali pipa yang diduga mengalami gangguan. Mereka mengendus, gangguan tersebut yang menjadi sebab suplai air ke daerah Jalan Gajah Mada dan Desa Pala Pulau selama ini kurang lancar. Demikian juga, diakui dia, di beberapa wilayah di Kecamatan Putussibau Utara lainnya.

Karena di Jalan Antasari sudah tidak ada masalah, Saini mengungkapkan jika pemeriksaan akan dilanjutkan ke Jalan Gajah Mada, peris di depan Pujasera. Karena alur air dari sana, menurut dia, terbagi ke beberapa kawasan, mulai dari Jalan Gajah Mada sampai ke Desa Pala Pulau. "Suplai air yang terganggu saat ini berdasarkan keluhan masayarakat di sebagian Jalan Gajah Mada, Danau Kayan, Kirin Durian, dan Pala Pulau," paparnya.

Diakui dia jika keluhan masyarakat di daerah itu lantaran tidak ada suplai air. Kemudian, dia menambahkan, ada juga keluhan masyarakat di daerah Jalan A Dogom, di mana para pelanggan mereka juga mengeluhkan air keruh. "Seharusnya tidak keruh, ada pengolahan yang sudah kami lakukan. Jadi tidak mungkin air sampai ke pelanggan keruh. Takutnya pipa bocor, jadi ada air dan tanah masuk ke dalam pipa, sehingga teraliri ke rumah warga," kata Saini.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu ini menerangkan jika sejak bulan lalu, mereka telah melakukan pembenahan jaringan. Awalnya, dipaparkan dia, di sekitar Kedamin, kemudian menyasar ke Jalan Antasari, di depan Dinas Perhubungan (Dishub) dan DPRD Kabupaten Kapuas Hulu. "Jaringan di Kedamin dan depan Dishub sudah rampung untuk valpe-nya, dari itu tekanan air sudah mulai baik dan mulai lancar sampai ke pelanggan," terang Saini.

Menurut Saini, semua peralatan jaringan di wilayah Kota Putussibau harus diganti, lantaran sudah termakan usia. Terutama, dikatakan dia, penggantian pada valpe-valpe-nya. "Beberapa bulan ini kami masih benahi kebocoran di jaringan. Kami upayakan bisa cepat membenahi semuanya di Putussibau. Kalau sudah bagus jaringan ini, baru meteran pelanggan akan kami ganti baru semua," kata alumni Teknik Sipil Untan Pontianak ini.(aan)

Berita Terkait