Belasan Rumah Ludes Terbakar

Belasan Rumah Ludes Terbakar

  Senin, 19 September 2016 09:59
DILOKALISIR: Kobaran api membabat pemukiman padat penduduk di Gang Harapan 2, Siantan Tengah, Pontianak Utara, Minggu (18/9) pagi. Satuan damkar berhasil memblokade kobaran api agar tidak meluas. MUJADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kebakaran hebat kembali terjadi, kali ini di Gang Harapan II, Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. duabelas rumah semi permanan terbakar. Minggu, (18/9). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, api yang diduga disebabkan korsleting arus listrik tersebut muncul dari salah satu rumah warga. Api pun cepat membesar hingga membakar belasan rumah yang berdempatan.

Sebelum petugas pemadam kebakaran tiba, warga dan pemilik rumah telah berupaya menjinakan api dengan peralatan seadannya dan berusaha menyelamatkan barang berharga. Namun api terus membesar, dan terus menjalar ke rumah lainnya. Hingga akhirnya puluhan mobil pemadam kebakaran yang tiba, langsung menyiramkan air ke seluruh bagian rumah. Butuh waktu lebih dari satu jam lebih lamanya, hingga akhirny api dapat dijinakan.

Salah seorang korban, Heru Heriadi, mengatakan, saat kejadian, hampir sebagian pemilik rumah sedang berada di dalam rumah sedang berkumpul bersama keluarga. " Lagi santai, tiba-tiba ada yang teriak kebakaran," kata, Heru. Mendengar teriakan itu, lanjut dia, ia dan korban lainnya pun keluar sambil berusaha menyelamatkan barang berharga. "Api muncul dari salah satu rumah yang terbakar, mungkin karena arus pendek listrik," ucapnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Pontianak Utara, Iptu, Krisna, mengatakan petugas pemadam kebakaran telah berupaya menjinakan api, hingga akhirnya tepat pukul 09.15 WIB, api baru dapat dipadamkan. "12 rumah yang terbakar, tak ada korban jiwa hanya saja ada cukup banyak harta berharga korban yang tak sempat diselamatkan," kata, Krisna. Krisna menuturkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut, apakah karena korsleting listrik atau ada penyebab lainnya akan didalami. "Untuk kerugian materil belum dapat dipastikan, yang jelas tidak ada korban jiwa dari kejadian ini," sambungnya.

Krisna mengatakan saat kejadian kobaran api menang cukup besar, pasalnya rumah yang terbakar posisinya berdempetan berdempetan terbuat dari papan dan atap seng sehingga menyebabkan api saat mudah menjalar. (adg) 

Berita Terkait