Belanjar Kuliner Capai 45 Persen Wisata Budaya

Belanjar Kuliner Capai 45 Persen Wisata Budaya

  Kamis, 14 April 2016 16:51
www.pikiran-rakyat.com

Berita Terkait

MENTERI Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan wisata budaya (cultural tourism) adalah alasan terkuat 60 persen wisatawan mancanegara (wisman) datang ke tanah air.

"Dari 60 persen cultural tourism, wisata belanja dan kuliner mencapai 45 persen, wisata budaya dan sejarah 20 persen, serta wisata kota dan desa 25 persen," ujar Menpar Arief Yahya saat meluncurkan Semarang Great Sale & Night Carnival 2016, acara yang akan digelar mulai 1 sampai 31 Mei 2016.

"Kalau spending-nya, kuliner yang tertinggi yaitu 32 persen, fashion 30 persen, selanjutnya craft dan souvenir," demikian Menpar Arief Yahya.

Pilihan Semarang untuk mengembangkan cultural dan creative industry, seperti shopping, fashion, dan aktivitas kreatif lain, dipuji Menpar Arief Yahya sebagai keputusan yang benar. Terlebih, hampir seluruh tokoh Jawa Tengah dan Semarang mendukung keputusan ini.

Ini terlihat saat peluncuran, yang dihadiri Gubernur Jawat Timur Gandjar Pranowo, Walikota Semarang Hendi Hendrar Prihadi, wakil Walikota Hevearita Gunaryanti, mantan Menhan dan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Presdir PT Sidomuncul Irwan Hidayat.

"Gunakan great sale ini untuk menaikan value kota Semarang," kata Ganjar Pranowo. "Event ini mengundang orang untuk datang berwisata, dan bergembira."

Menurut Ganjar, gairah pariwisata Jawa Tengah bergerak agresif dengan Dieng Festival yang siap go international. Lainnya; Jazz di Atas Awan di Dieng juga siap dipasarkan ke mancanegara.

Borobudur akan menjadi tuan rumah Borobudur Marathon, Half Marathon, Ambassador Run, dan lainnya.**

Berita Terkait