Belajar Disiplin, Hargai Orang Lain

Belajar Disiplin, Hargai Orang Lain

  Selasa, 2 Agustus 2016 09:30
PENYEMATAN: Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero menyematkan tanda peserta paskibra pada kegiatan Diklat di Aula Disdikpora Kapuas Hulu, kemarin. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Peringatan HUT ke-71 RI tahun 2016 tinggal menyisakan waktu dua minggu. Untuk itu Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kapuas Hulu intensif melatih anggota Paskibra sejak 25 Juli hingga 18 Agustus nanti. Senin (1/8) di Aula Disdikpora, berlangsung kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Pemuda Perintis Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Kapuas Hulu.

 
Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero ketika memberi arahan kepada 31 calon Paskibra Kapuas Hulu, mengingatkan bagaimana masyarakat Indonesia identik dengan sikap sosial releigius, gotong-royong, serta persatuan. Untuk itu, dia menambahkan, pentingnya pelatihan pengembangan nilai-nilai kebangsaan dan aspek yang prima bagi pemuda perintis, serta penanaman pemahaman terhadap generasi muda mengenai kesetiaan menjaga eksistensi NKRI.

Ditegaskan Wabup, sebagai penerus bangsa, mereka hendaknya mampu menjadi pemuda yang gemar bekerja keras, kreatif, inovatif, beriman, serta berdaya saing. Kegiatan ini, menurut dia, merupakan kesempatan bagi 31 utusan sekolah dari berbagai kecamatan di Kapuas Hulu, agar memanfaatkan momen diklat tersebut dengan baik. “Saya bangga Adik-adik terpilih, mereka yang terbaik. Bisa lolos ke kabupaten tak mudah,” ucapnya.

Menurut politisi PKPI ini, mereka yang bisa mengikuti kegiatan seperti ini merupakan prestasi, karena merupakan bentuk tanggung jawab terhadap negara. “Lolos seleksi yang dilakukan panitia bukanlah hal mudah, tidak hanya dinilai dari segi kemampuan fisik, tapi skill dan keterampilan yang memadai. Kalian harus bangga bisa pilihan. Saya yakin, ini menjadi bekal untuk melanjutkan studi,” ungkapnya.

Anton pun meminta kepada peserta Paskibra agar menaati semua aturan dan bersikap disiplin. Dia optimistis, meski hanya diberikan waktu beberapa minggu untuk melaksanakan Diklat, semua peserta mampu beradaptasi dan menampilkan yang terbaik pada acara HUT RI nanti. “Pasti ada perubahan. Belajar disiplin menghargai orang lain, ini menjadi modal ke depan,” paparnya.

Sementara, kepala Disdikpora Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, mengungkapkan bahwa 31 peserta Paskibra Kabupaten ini merupakan hasil seleksi di tingkat kecamatan. Mereka, menurut dia, berasal dari Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Mentebah, Bunut Hulu, Hulu Gurung, Semitau, Seberuang, Jongkong, Embaloh Hilir, dan Embaloh Hulu. “Metode latihan yang ditekankan disni yaitu pendekatan keluarga bahagia,” bebernya.

Keluarga bahagia yang dimaksud dia, adalah keluarga tinggal, kemudian bimbingan kerukunan antara sesama peserta dan pelatih, pembentukan suasana gembira, bimbingan agama yang dianut peserta, dan bimbingan pergaulan sesuai norma agama. Peserta, menurut dia, juga menerima pengetahuan umum, baris berbaris, sejarah bendera dan Paskibra, wawasan kebangsaan dan sistem pemerintahan, hingga berbagai materi lainnya.

Narasumber yang dihadirkan mereka pun merupakan tenaga ahli yang memiliki kompetensi husus di bidang masing-masing, seperti dari Kodim 1206 Putussibau, Batalyon 644 Walet Sakti, serta anggota Polres Kapuas Hulu dan para pelatih dari alumni Paskibra lainnya. “Mereka mendapatkan pelatihan dan meteri yang cukup pada salama pendidikan hingga pelaksanaan 17 Agustus ini,” tutur Kusnadi.(aan)

Berita Terkait