Belajar Dari Jepang, Ini Cara Polisi Mendekatkan Diri pada Masyarakat

Belajar Dari Jepang, Ini Cara Polisi Mendekatkan Diri pada Masyarakat

  Minggu, 11 September 2016 18:38

Berita Terkait

KAPOLRES Sekadau AKBP Muslikin S.Ik pada Sabtu (10/9) kemarin meresmikan Rumah dan Kantor Bhabinkamtibmas, Desa Sui Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.
Menurut Kapolres, keberadaan rumah kantor Bhabinkamtibmas ini, selain untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, karena bhabinkamtibmas beserta keluarganya tinggal dikantor tersebut, juga sekaligus untuk mendekatkan diri kepada masyarkat.  Karena tanpa masyarakat polisi tidak akan mampu berbuat banyak. Oleh karenanya sinergitas polisional harus terus dibangun melalui mendekatkan diri kepada masyarakat.
Peresmian yang hadiri lebih dari 250 undangan tersebut mencerminkan bahwa masyarakat sangat mendambakan rumah dan kantor Bhabin kamtibmas, yang sebentar lagi akan segera diluncurkan.
Sementara itu, ditempat berbeda Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Drs. SUHADI SW. M.Si menyatakan  rumah kantor Bhabin Kamtibmas yang barusan diresmikan oleh Kapolres Sekadau ini, merupakan kolaborasi antar polmas model Jepang dengan polmas model Indonesi. Kalau di Jepang namanyan Chu Zhai Zo, kalau di Indonesia namanya Rumah Kantor Bhabinkamtibmas.
Yang membedakan masalah tunjungan istri  dimana kalau di Jepang Istri Chui Zhai Zo mendapatkan tunjangan, besarannya tergantung berapa banyak ybs menerima laporan dari masyarakat. Sementara itu untuk di Indonesia  istri Bhabin Kamtibmas tidak mendapatkan apa-apa dari Pemerintah, walaupun dia berulang ulang menerima laporan dan pengaduan dari masyarakat.
Berdasarkan data yg ada bahwa rumah kantor Bhabinkamtibmas di Kalimantan Barat baru ada beberapa yakni di Kulor Singkawang, Penjajap Pemangkat Kab Sambas dan Desa Sui Ringin Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.
Melalui rumah kantor Bhabinkamtibmas, diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh Jajaran dan oleh Masyarakat. Tidak ada alasan bagi Bhabhinkamtibmas untuk tidak mendatangi Tempat Kejadian Perkara. (arf)

Berita Terkait