Bekam Bikin Penasaran

Bekam Bikin Penasaran

  Kamis, 11 Agustus 2016 11:34
Michael Phelps. lebuzz.eurosport.co.uk

Berita Terkait

Beberapa media asing saat ini tengah ramai membicarakan terapi bekam yang marak digunakan para atlet di Olimpiade Rio 2016. Awal mula topik ini menjadi pembicaraan hangat adalah saat perenang legendaris Amerika Serikat (AS) Michael Phelps datang ke arena pertandingan dengan punggung dihiasi bulatan-bulatan memar sisa melakukan terapi bekam.

 
Momen tersebut tertangkap kamera saat Phelps memperkuat tim AS dalam nomor lomba 4x100 meter putra Minggu malam. Tim negeri Paman Sam berhasil meraih emas. Namun, sejak saat itu banyak orang yang bertanya-tanya ada apa dengan punggung Phelps tersebut.

Phelps mengenal terapi bekam sejak 2014. Pelatih pribadinya, yakni Bob Bowman yang kali pertama memperkenalkan. Bowman mengenal terapi tersebut saat menangani beberapa atlet Tiongkok. Mereka kerap membawa ahli pengobatan akupuntur dan bekam pribadi untuk menjaga kondisi.

Phelps merasa bekam bisa membuat recovery tubuhnya berlangsung efektif dan lebih cepat.  Di Amerika, terapi ini akrab dengan sebutan cupping. “Aku meminta sedikit melakukan cupping kemarin,” ucap Phelps dilansir New York Times sesaat setelah mempersembahkan emas untuk AS pada Minggu.

Phelps bukan satu-satunya penggemar bekam di kontingen negeri Paman Sam. Beberapa atlet AS dari cabang olahraga lain juga rutin melakukan terapi tersebut. Seperti halnya atlet Gymnastic dan Atletik.

Ralph Reiff, Executive Director St. Vincent Sport Performance Indianapolis menyebutkan, lebih dari 100 atlet yang bekerja sama dengannya gemar melakukan terapi itu. Termasuk pelari tercepat di nomor lari 400 meter tahun ini, LaShawn Merritt. (irr/tom)

Berita Terkait