Bekali Diri dengan Pengetahuan

Bekali Diri dengan Pengetahuan

  Sabtu, 12 Agustus 2017 10:00
BERI KUIS: Bupati Ketapang Martin Rantan saat memberikan pertanyaan berhadiah kepada siswa SMP dan SMA se-Kecamatan Tumbang Titi, dalam kunjungannya ke kecamatan tersebut, belum lama ini. ISTIMEWA

Berita Terkait

TUMBANG TITI  –  Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah ditetapkan sejak 1 Januari lalu, Bupati Ketapang Martin Rantan meminta para siswa membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan berperilaku yang baik. Ilmu pengetahuan dan keterampilan, menurut Bupati, sangat penting, agar dapat masuk dalam dunia kerja.

“Begitu juga dengan sikap perilaku sangat penting dalam menunjang pekerjaan,” kata Bupati di hadapan siswa-siswi SMAN 01 Tumbang Titi dalam kunjungannya ke sekolah tersebut. Karena itulah, dia mengingatkan agar berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. Maka, sejak awal, dia mengajak agar sikap-sikap yang baik terus dibudayakan. Karena itu Bupati memberikan tips untuk menjadi bekal bagi siswa menjalani kehidupan maupun dunia kerja nantinya. Masukan yang pertama dari dia adalah jangan melawan Tuhan. Kedua, dia menambahkan, jangan melawan orang tua. Ketiga, diingatkan dia, jangan melawan guru. “Keempat, jangan melawan pimpinan. Kelima, jangan melawan orang yang kuat ekonominya. Yang kuat ekonominya harus dijadikan teman, sehingga kita bisa menimba ilmu. Satu lagi, jangan melawan orang gila, kalau melawan orang gila, orang Pentikalan nyebutnya yang gila, yang satu nanar,” canda Bupati.

Selanjutnya Bupati Ketapang meminta para siswa agar jangan sampai terjebak dengan narkoba. Narkoba saat ini, diingatkan diia, sudah menjadi ancaman serius generasi muda. “Jauhi narkoba, jika ingin sukses,” pesan dia.

Dengan  sukses dan terus belajar, menurut putera asli Tumbang Titi tersebut, tidak menutup kemungkinan para siswa yang ada saat ini akan menjadi kepala daerah atau kepala SKPD di kemudian hari. “Karena itulah, gantungkan cita-cita setinggi-tinggi dan berusaha serta bertekad untuk meraih sukses,” kata dia.

Selain mengingatkan siswa agar menjauhi narkoba, Bupati juga meminta siswa agar jangan mengenal kehidupan seks bebas. Caranya, menurut dia, adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat sehingga bisa meraih prestasi. Ia menyebutkan walaupun  berasal dari kampung, bukan halangan untuk kita meraih sukses. Sebab, dia memotivasi bahwa yang berada di depan para siswa SMP dan SMA/SMK se-Tumbang Titi, umumnya juga berasal dari kampung. Bahkan, dia menambahkan, dirinya sebagai Bupati maupun sejumlah kepala SKPD yang ada, rata-rata berasal dari kampung.

Selain mengingatkan siswa untuk giat menimba ilmu agar sukses di kemudian hari, Bupati tidak henti-hentinya mengingatkan siswa untuk tidak ikutan aliran inteloransi. Aliran intoleransi yang dimaksud dia yakni membenci orang lain. “Kita harus meningkatkan persatuan dan kesatuan sebagaimana Bhineka Tunggal Ika,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan pertanyaan berhadiah kepada beberapa siswa. Pertanyaan itu langsung dengan antusias dijawab para siswa. Karena dari beberapa jawaban yang disampaikan siswa dianggap kurang sempurna, masih juga mendapat hadiah dari Bupati. “Rajin-rajin belajar, dari petuah yang saya sampaikan tadi boleh dianggap gurauan, boleh juga dianggap serius,” tuturnya. (rilis)

Berita Terkait