The Beatles Charity Night , Lagu Oh! Darling terjual Rp 10 juta

The Beatles Charity Night , Lagu Oh! Darling terjual Rp 10 juta

  Senin, 21 December 2015 10:54
BEATLES CHARITY NIGHT: Sebuah group band asal pontianak saat membawakan lagu The Beatels dalam acara amal persembahan The Talenta Gundah Gulana Production. ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST

THE BEATLES, group band asal Inggris ini terus hidup di antara penggemarnya. Band pernah ngehits lewat album perdananya Love Me Do di tahun 1960 ini dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif yang berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya‎ ‎dekade 60-an. Di Pontianak, fans The Beatles bermunculan seiring mulai maraknya event-event musik yang mengusung lagu-lagu dari group band yang digawangi John Lenon itu. ARIEF NUGROHO, Pontianak

SABTU (19/12) malam kemarin sekitar 200 pengunjung memadati Copacabana Pool & Lounge Golden Tulip Pontianak. Mereka adalah tamu sekaligus pengemar The Beatles yang sengaja datang dalam even amal yang diselenggarakan The Talenta Gundah Gulana Production sebagai event organizer dan Hotel Golden Tulip Pontianak.

Dalam event itu, pengunjung tidak sekedar menikmati lagu-lagu The Beatles yang dibawakan group band Pak Bro and The Lonely Heart Club di atas panggung, tapi juga acara lelang lagu The Beatles yang pernah ngehits di era tahun 1960-1970. Setidaknya ada enam lagu yang dilelang dalam event itu. Ya, laiknya lelang barang antik, dua lagu diantaranya terjual dengan harga fantastis. Lagu Oh! Darling terjual dengan harga Rp10 juta dan Yesterday terjual dengan harga Rp5 juta. "Berapa pun hasil yang didapat akan disumbangkan ke panti asuhan," kata manajemen hotel, kemarin.

Event amal ini adalah event kedua yang digarap oleh The Talenta Gundah Gulana Production. Sebelumnya, The Talenta Gundah Gulana Production membuat projeck dengan mengupulkan Beatles Mania Pontianak. Di cafe 0561 di Jalan Sepakat 2  Pontianak, para Beatles Mania kumpul di sana. Dalam kesempatan itu pihaknya mengusung tema "twist and shout Tribute to The Beatles". "Ini yang kedua. Sebelumnya di cafe 0561 di Sepakat 2," kata Kukuh Budi Santoso, selaku EO.

Menurutnya, event itu bertertujuan untuk mengumpulkan fans fans the beatles pontianak dengan mengundang tiga group band lokal yang membawakan lagu-lagu khusus The Beatles. Diantaranya, Ambawang Band, Supernova, dan Pak Bro and The Lonely Heart Club. "Harapan kami, even ini tidak hanya menjadi sebuah hiburan semata, tetapi bisa menjadi sebuah wadah berkumpul dan berbagi informasi tentang The Beatles.  Semoga event event seperti ini bisa Berkelanjutan Dan menjadi pemicu bagi even tribute-tribute lainya‎," kata Kukuh.

The Beatles sendiri ‎merupakan kelompok musik dari Inggris beraliran Pop‎-Rock‎ yang dibentuk di Liverpool pada tahun 1960. Group musik yang digawangi John Lennon (gitar dan vokal), Paul McCartney (gitar bass), George Harrison  (gitar dan vokal) serta Ringgo Star pada drum ini seringkali dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan paling banyak mendapat pujian dalam musik populer.

The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya‎ ‎dekade 60-an. Awalnya 5 orang terdiri dari Lennon, McCartney, Harrison, stuart sutcliffe ‎(bas) dan Pete Best‎ (drum) itu hanya terkenal di klub-klub Liverpool‎ dan Hambrug ‎selama 3 tahun mulai tahun 1960. Sutcliffe hengkang tahun 1961, dan Best diganti Ringgo Star di tahun berikutnya.

Beatles ditempa jadi profesional oleh seorang pengusaha toko musik bernama Brian Epstein setelah ia jadi manajer mereka dan potensi musik dipoles oleh produser George Martin‎‎. Akhir 1962, Beatles sudah mendapatkan kesuksesan di Britania Raya ‎dengan singel pertama Love Me Do. Sepanjang tahun berikut, mereka melakukan tur internasional sampai 1966 dan berkonsentrasi merekam album di dalam negeri sampai bubar tahun 1970.

Karier solo masing-masing dibilang sukses tapi Lennon terbunuh di New York City ‎tahun 1980 dan Harisson meninggal karena kanker ‎tahun 2001. McCartney dan Starr masih aktif bermusik. Dalam tahun-tahun rekaman album studio, Beatles merilis karya-karya yang dinilai terbaik oleh kritikus, salah satunya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band‎ (1967), dipuji sebagai karya agung.
Empat dekade setelah bubar, musiknya masih populer.

Mereka memiliki lebih dari satu album nomor 1 di tangga lagu‎ Britana Raya‎ dan bertengger paling lama dibanding pemusik manapun.  Berdasarkan RIAA‎, mereka adalah pemusik yang menjual album terbanyak di Amerika Serikat. Tahun 2008, ‎majalah Billboard ‎merilis daftar musikus dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah Hot 100 ‎untuk merayakan 15 tahun hari jadi tangga lagu singel Amerika dimana The Beatles berada di nomor satu. Tujuh kali mendapat Grammy Awards‎, 15 Ivor Novello Awards ‎dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors‎, The Beatles secara kolektif dimasukkan dalam kompilasi majalah Time ‎sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke 20. (**)