Beasiswa Pelajar Berprestasi

Beasiswa Pelajar Berprestasi

  Kamis, 14 January 2016 09:13
BEASISWA: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali secara simbolis menyerahkan beasiswa berprestasi bagi puluhan pelajar Kubu Raya /Ashri Isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat Rabu (13/1) menyerahkan beasiswa bagi 90 pelajar dan mahasiswa berprestasi di Kubu. Secara simbolis beasiswa tersebut diserahkan langsung Bupati Kubu Raya, Rusman Ali.

“Sesuai dengan komitmen kami yang ingin mendorong peningkatan kualitas pendidikan, disetiap kecamatan, sebanyak dua  orang yang mendapatkan beasiswa berprestasi mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA,” kata Rusman Ali.Beasiswa berprestasi tersebut diberikan bagi pelajar berprestasi dari kalangan pelajar

yang mampu maupun warga kurang mampu. Bagi pelajar  yang kurang mampu namun berprestasi pemerintah daerah setempat juga menyediakan beasiswa senilai Rp10 hingga Rp 12 juta persemester dan masih mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan.Diterangkan Rusman Ali, beasiswa tersebut akan terus diberikan bagi pelajar berprestasi namun jika pada semester selanjutnya nilai atau prestasi pelajar yang bersangkutan menurun bahkan tidak mendapatkan rangking kelas maka pemerintah daerah setempat otomatis akan menghentikan beasiswa yang diberikan.

“Kebijakan ini saya berlakukan dengan tujuan untuk memotivasi para pelajar agars etiap semesternya terus berjuang untuk meningkatkan prestasi yang dimiliki. Kalau memang bisa mempertahankan atau meningkatkan prestasinya maka bisa terus mendapatkan beasiswa namun jika tidak maka beasiswanya akan kami berikan bagi pelajar berprestasi lainnya,”paparnya.Dengan adanya pemberian beasiswa ini, diharapkan bisa memberikan motivasi bagi para pelajar untuk terus berjuang meningkatkan prestasi sekaligus kualitas pendidikan di Kubu Raya.

“Meskipun saat ini mendapatkan beasiswa ataupun tidak, pesan saya bagi semua pelajar terus giat belajar demi masa depan yang lebih baik. Dengan baiknya kualitas dan potensi sumber daya manusia yang dimiliki maka akan memudahkan kita dalam meningkatkan kesejahtraan hidup sekaligus memberikan konstrubusi terbaik dalam membangun daerah,”ungkapnya.Secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Muhammad Yunus menyatakan, pada tahun 2016 terdapat sekitar 56 pelajar yang mendapatkan beasiswa berprestasi mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

“Ada sekitar 11 mahasiswa yang seharusnya juga mendapatkan beasiswa berprestasi ini, namun karena mereka sudah mendapatkan beasiswa bidik misi di masing-masing perguruan tinggi makanya mereka tidak bisa lagi mendapatkan beasiswa ini, karena sesuai autrannya pelajar atau mahaasiswa ini tidak bisa mendapatkan beasiswa double,” paparnya.

Beasiswa yang diberikan itu dari berbagai prestasi, yakni olahraga dan seni, prestasi akademik ‎yang sempat juara satu dalam lomba matematika dan Sain serta prestasi yang lain. “Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa sebagian besar kuliah di universitas negeri dan berprestasi,” ucapnya, seraya menyatakan akan  terus melakukan monitoring terhadap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut dan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

“Mahasiswa yang kurang mampun juga terus dimonitoring. Kami menargetkan setidaknya dalam delapan semester semua mahasiswa yang mendapat beasiswa ini sudah selesai kualiahnya. Jika lewat dari delapan semester maka mereka akan mengeluarkan biaya pribadi untuk merampungkan kuliahnya,”pungkasnya. (ash)

Berita Terkait