Bea Cukai Rayakan HUT ke 70

Bea Cukai Rayakan HUT ke 70

  Jumat, 14 Oktober 2016 15:27

Berita Terkait

PONTIANAK- Untuk pertama kalinya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memperingati hari ulang tahunnya yang ke-70. Peringatan HUT Bea dan Cukai yang sebenarnya jatuh pada tanggal 1 Oktober, tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016 serentak di seluruh Kantor Bea dan Cukai di seluruh Indonesia.
 
Peringatan HUT Bea dan Cukai ke-70 di Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) dilakukan dengan mengadakan upacara bendera di lapangan Kantor Wilayah DJBC Kalbagbar. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalbagbar, Bapak Saifullah Nasution. Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas karunia Allah SWT dan Donor Darah dengan bekerjasama dengan PMI cabang Pontianak. Hadir pada upacara tersebut, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat, Pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan wilayah Kalimantan Barat, Para Purnabakti Bea dan Cukai, Pejabat/Pegawai Kantor Wilayah DJBC Kalbagbar serta Pejabat/Pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pontianak.
 
Berdasarkan sejarah awal dibentukanya kabinet pertama setelah proklamasi kemerdekaan RI, Bea dan Cukai masuk ke salah satu urusan dalam struktur Pejabatan Pajak di Departemen Keuangan. Setahun berjalan, mengingat perbedaan karakter tugas dan posisinya yang strategis, serta untuk mengoptimalkan penerimaan negara, Urusan Bea Cukai menjadi Pejabatan tersendiri di Departemen Keuangan dan tepatnya tanggal 1 Oktober 1946, R.A. Kartadjoemena ditunjuk sebagai Kepala Pejabatan Bea dan Cukai yang pertama. Inilah salah satu alasan kenapa tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Bea dan Cukai.
 
Dalam kesempatan peringatan HUT Bea dan Cukai ke-70 ini, Menteri Keuangan berpesan kepada seluruh jajaran Bea dan Cukai, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, untuk selalu menjaga dan memegang teguh integritas, meningkatkan kompetensi, melaksanakan tugas dengan profesional dan sepenuh hati, tetap fokus pada target yang sudah dicanangkan, dengan komitmen yang kuat dan sinergi, yakin kita akan mampu mencapainya. (arf)

Berita Terkait