Baznas Salurkan Santunan di Beringin

Baznas Salurkan Santunan di Beringin

  Selasa, 14 November 2017 10:00
BANTUAN: Baznas saat menyalurkan bantuan yang sudah dihimpun.SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SANGGAU – Usai empat kelurahan, Baznas Kabupaten Sanggau kembali menyalurkan dana zakat infaq dan shodaqoh di Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau belum lama ini. Penyaluran diberikan untuk mustahiq kategori fakir miskin dan guru ngaji tradisional.

Lurah Beringin, Triyono mengucapkan terima kasih kepada Baznas Sanggau yang telah menyalurkan dana tersebut di wilayah yang dipimpinnya. Santunan yang diberikan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi penerimanya. Dia berharap Baznas dan kelurahan dapat tetap selalu bersinergi.

Indra Muchsin selaku Wakil Ketua I Baznas Bidang Pengumpulan, Pendistribusian dan Pendayagunaan sangat mengharapkan agar santunan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penerimanya.

 “Santunan yang diberikan sangat jauh dari kata cukup, tetapi itulah kemampuan yang dimiliki Baznas Sanggau saat ini. Karena dana zakat yang terkumpul sampai Oktober 2017 baru mencapai besaran Rp 300 juta. Masih jauh dari target penerimaan 2017,” jelasnya kepada harian ini.

Pihaknya berharap Aqhniya atau para muzakki untuk tidak ragu menyalurkan zakatnya di Baznas Sanggau karena semua dana yang diperoleh akan laporkan secara profesional.

 “Sampai Oktober 2017, Baznas Sanggau telah menyalurkan santunan kepada 272 mustahik individu dan 10 lembaga (panti asuhan dan pesantren), 5 program bedah rumah, 22 beasiswa siswa miskin dan 4 beasiswa mahasiswa miskin,” ungkapnya.

Selain itu, santunan bulanan pada 10 fakir miskin, bantuan biaya kesehatan keluarga miskin  dengan total penyaluran lebih dari Rp 200 juta. “Kedepan kami berharap program baznas adalah membantu pemerintah daerah dalam program pengentasan kemiskinan,” katanya.

 “Agar program-program baznas memberi nilai tambah dalam menumbuhkan dan menggerakkan roda ekonomi dilingkungannya, bisa dengan bantuan modal usaha bagi kalangan mustahik yang berniat punya usaha tetapi tidak punya modal,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sanggau, Sjamsul Chaidir mengharapkan agar para mustahik tidak menilai pemberian santunan ini dari nominalnya. Jumlah tersebut harus disyukuri karena dengan bersyukur mudah-mudahan para mustahik mendapat kelebihan rejeki yang berlipat.

 “Zakat tidak hanya kami himpun pada bulan ramadan saja tetapi sepanjang hari Kantor Baznas Sanggau melayani pembayaran ZIS baik secara perorangan maupun melalui UPZ yang telah dibentuk,” ujarnya. (sgg)

Berita Terkait