Bayer Leverkusen 0 v Bayern Muenchen 0; BayArena Memang Menyulitkan

Bayer Leverkusen 0 v Bayern Muenchen 0; BayArena Memang Menyulitkan

  Senin, 8 February 2016 10:37
REUTERS

Berita Terkait

LEVERKUSEN – Bayern Muenchen menambah rentetan rekor gagal menang di BayArena. Kemarin (7/2) di markas Bayer Leverkusen tersebut, Bayern tertahan tanpa gol pada spieltag ke-20. Dalam enam laga terakhir di BayArena, Bayern sekali menang, imbang tiga kali, dan dua kali kalah.

Philipp Lahm dkk menderita kerugian berlipat dengan hasil imbang itu. Pertama Die Roten, julukan bayern, gagal memperlebar jarak dengan penguntit mereka Borussi Dortmund. Jarak keduanya tetap delapan angka. Padahal pada Sabtu (6/2) lalu, Dortmund ditahan Hertha Berlin di Olimpia Stadion Berlin.

Kedua adalah diusirnya gelandang bertahan Xabi Alonso. Pemain berusia 34 tahun itu menerima kartu kuning kedua pada menit ke-84 usai melakukan pelanggaran kepada Javier ‘Chicharito’ Fernandez.

Dalam laga kemarin seperti biasa Bayern menguasai ball possesion sampai 62,9 persen. Akan tetapi buruknya akurasi Robert Lewandowski maupun Thomas Mueller, membuat angka shots on goal Bayern rendah. Malah Leverkusen lebih bagus dalam menghujani gawang Manuel Neuer.

Dari statistik Goal, Bayern melepaskan sembilan tembakan dan hanya satu yang menjadi shots on goal. Sedang Leverkusen melepaskan enam tembakan, namun dua menjadi shots on goal.

Dari situs Bundesliga kemarin bek Bayern Joshua Kimmich menjadi bintang lapangan. Pemain berusia 20 tahun itu kartu as Bayern dalam menghalau serangan duet Leverkusen, Stefan Kiessling dan Chicharito.

Mantan pemain Stuttgart itu melakukan tekel sukses tujuh kali, juga menjadi pemain Bayern dengan jarak lari terjauh kemarin 10,76 kilometer. Meski pemain dengan daya jelajah tertinggi di laga kemarin adalah pemain Leverkusen Kevin Kampl dengan 11,79 kilometer.

Pasca laga, Der Trainer Bayern Pep Guardiola mengatakan di babak pertama Leverkusen membuat kesulitan yang berarti buat timnya. Leverkusen yang melakukan pressing ketat membuat tim kolektor 25 gelar Bundesliga itu paling banyak melakukan passing sebanyak lima sentuhan.

“Kami membaik di babak kedua. Leverkusen mengirimkan banyak bola silang di babak kedua namun Kimmich bermain dengan sangat brilian,” ujar pelatih berusia 45 tahun tersebuts dalam situs resmi Bundesliga.

Pengusiran Alonso enam menit sebelum pertandingan usai ini oleh wasit Knut Kircher adalah yang pertama buat Alonso musim ini. Untungya bermain dengan sepuluh pemain tak berpengaruh buat hasil akhir pertandingan. 

Penyerang Bayern Robert Lewandowski pun menyesal gagal meraih poin penuh di BayArena ini. Terakhir kali Bayern bermain imbang terjadi ketika mereka bermain away lawan Eintrach Frankfurt (30/8) lalu.

Sementara itu, Der Trainer Leverkusen Roger Schmidt mengaku puas dengan hasil imbang tanpa gol kemarin. Sebab dalam kacamatanya, kedua tim sama-sama punya kans menang namun pemain dari kedua tim sama-sama tumpulnya.

“Ini hasil yang adil buat kedua tim. Anda pasti sangat paham selalu sulit melawan tim sekelas Bayern yang memiliki kekuatan tim yang komplit,” tutur  Schmidt kepada situs resmi Bundesliga. (dra)

Berita Terkait