Bawang Naik, Telur Masih Tinggi

Bawang Naik, Telur Masih Tinggi

  Jumat, 29 July 2016 09:30
BAWANG: Bawang merah yang terus naik. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

HARGA bawang merah, khususnya di Pasar Sambas terjadi kenaikan. Per kilogramnya mencapai Rp45 ribu. Demikian juga dengan harga telur, masih tetap tinggi yakni berkisar Rp25 hingga Rp26 ribu per kilogram nya. Padahal, dipredikisi, lebaran Idul Fitri usai maka sembako akan turun.

 
‘’Saya malah memprediksi untuk telur tetap tinggi hingga Idul Adha, September mendatang,’’ ujar Simon, salah seorang konsumen..

Sementara, terjadi kenaikan pada komoditi bawang merah, Rp 5 ribu (khususnya di Pasar Sambas) ini disebabkan naiknya harga dari distributor Di Singkawang dan Pontianak. Sementara meski ada penurunan harga dikarenakan berkurangnya permintaan, harga telur relatif masih tinggi,” kata Nisa Azwarita,  Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas, Kamis (28/7). Menurutnya, dua komoditi tersebut akan bertahan bahkan kembali naik saat warga menyambut Idul Adha.

“Juga gula pasir,” katanya.

Berdasarkan hasil pemantauan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting di Kabupaten Sambas pada 18 Juli 2016 di Pasar Sambas, Pemangkat, Tebas dan Teluk Keramat. Untuk telur, di Pasar Sambas berkisar Rp25-26 ribu, di pasar lain antara Rp26 ribu hingga Rp27 ribu per kilogramnya. Kemudian harga bawang merah khususnya di Pasar Sambas mengalami kenaikan sebesar Rp5 ribu, menjadi Rp45 Ribu per kilogramnya. Sementara di pasar Pemangkat sekitar Rp45 ribu, di Pasar Tebas dan Teluk Keramat sama yakni Rp40 ribu.

Harga beras lokal, di empat pasar tersebut, antara Rp9.500 - Rp10 ribu per kilogram. Beras pandan wangi (premium) Rp12 ribu hingga 14 Ribu. Cabe kering antara Rp64- Rp70 ribu. Gula pasir, di Pasar Teluk Keramat Rp14 ribu, sedangkan di Sambas, Tebas dan Pemangkat Rp16 ribu.

Harga minyak goreng, Rp12 ribu untuk jenis curah. Daging Sapi berkisar Rp120-Rp130 ribu. Harga daging ayam tertinggi di Pasar Sambas, yakni Rp38 Ribu, sementara di Pemangkat Rp32 ribu, di Tebas Rp35 ribu.

Mengenai stok, sesuai keterangan para pelaku perdagangan. Masih aman, hanya dipermasalahan harga saja yang dimungkinkan fluktuatif. (fah)

Berita Terkait