Bawa Sabu 6,3 Kg Ditahan

Bawa Sabu 6,3 Kg Ditahan

  Selasa, 1 November 2016 09:30

Berita Terkait

Lolos Pemeriksaan dari Malaysia

SANGGAU – Cen Fui Li dan Cicilia Liau, dua warga Pontianak ini tertangkap oleh pihak Bea dan Cukai Entikong menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 6,3 kilogram dan pil happy five sebanyak 2.080 butir serta 12 butir ekstasi yang dibawa dari Malaysia, Jumat (28/10) lalu sekira pukul 14.15 Wib.

Dalam modus operandinya, kedua pelaku berpura-pura melakukan perjalanan jauh dengan membawa sejumlah perbekalan yang didalamnya berisi kemasan narkotika jenis sabu dan barang haram lainnya. Kepala Bea dan Cukai Entikong, Souvenir Yustianto  mengatakan penindakan narkotika tersebut dilakukan dari mobil Grand Luxury warna Biru Nopol KB 1823 HS yang datang dari Malaysia menuju Pontianak yang dikemudikan tersangka Sugianto Sukiman yang merupakan warga Entikong.

"Barang tersebut disembunyikan dalam bantal guling di jok mobil bagian tengah, di koper serta bungkusan plastik dan tempat makanan dalam bagasi belakang,” ungkapnya Senin (31/10) kemarin. 

Menurut dia, dari penindakan awal ini selanjutnya dilakukan control delivery oleh Unit Pengawasan dan Penyelidikan ( P2) Bea Cukai Entikong bersama Direktorat Narkoba Polda Kalimantan Barat dan menangkap pemesan barang haram tersebut atas nama Hendrik Candra didepan RSU Antonius Pontianak.

"Mereka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan UU Nomor 10 Tahun 1995 yang telah diubah dengan UU Nomor17 tahun 2006 pasal 102 huruf (e) tentang kepabeanan,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil control delivery turut disita 2,61 gram lagi Sabu dirumah tersangka Hendrik Candra yang berada di Pontianak.

Dari hasil pengembangan, jumlah tersangka ada 4 orang. Pasangan Cen Fui Li dan Cicilia Liau ini diketahui statusnya berpacaran dan bekerja di Malaysia. Mereka mau menikah, tetapi tidak punya uang akhirnya mau jadi kurir karena keuntungan yang ditawarkan menggiurkan,” katanya.

Dalam kasus ini, barang bukti kejahatan yang berhasil disita berupa 6 kemasan Sabu seberat 6,3 kilogram, 2.080 butir pil happy five, 12 butir ekstasi, 1 mobil Grand Luxury nopol KB 1823 HS, 1 mobil Ford Fiesta nopol B 1578 CFR, 3 paspor, 3 KTP dan 8 unit telepon genggam.

Sementara ini pengamanan dan pemeriksaan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Etikong tidak ada yang terlihat mencolok, pemeriksaan kendaraan dan barang muatan tetap dilakukan, begitu juga dengan petugas Kepolisian seperti biasa berada di Pintu kedatangan dan keberangkatan.

Kapolsek Entikong, AKP Kartyana Widiarso WP mengatakan penagawasan tetap seperti biasanya, ada 10 personil aparat kepolisian di PLBN yanb bertugas membantu Bea dan Cukai. “Sementara tidak ada penambahan personil di PLBN pasca diamankan narkoba sebanyak 6,3 Kilogram,” tegasnya. (sgg)

Berita Terkait