Batuan Kapal Untuk Nelayan

Batuan Kapal Untuk Nelayan

  Sabtu, 23 April 2016 14:57

BENGKAYANG--Tahun anggaran 2016, pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mengalokasikan bantuan lebih dari 3000 kapal untuk nelayan se-Indonesia.

Hal ini disampaikan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkayang Dharwis saat mengikuti kegiatan pameran HUT Pemda Bengkayang ke-17 tahun di Komplek Kantor Bupati Bengkayang.

''Untuk Provinsi Kalimantan Barat sekitar 65 bantuan kapal nelayan dari 14 Kabupaten/kota. Sedangkan kita ada 7 kabupaten/kota yang memiliki wilayah laut,'' ucap dia, Kamis (21/4) kepada media ini.

Dia mengatakan antara lain kabupaten/kota yang berada di wilayah laut Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Kubu Raya.

Ia mengungkapkan bantuan kapal nelayan untuk Kabupaten Bengkayang sementara ini belum bisa diketahui oleh pihaknya. Dikarekan masih dalam perhitungan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

''Berapa jumlah bantuan kapal untuk nelaya baru bisa diketahui nanti dalam persoalan perizinan kedepan,'' imbuhnya menujukan Stand Pameran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkayang.

Dharwis menambahkan selain itu pihaknya juga merencanakan melakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk penamanan mangrove di wilayah pesisir pantai di Kabupaten Bengkayang. Serta menjaga dan melestarikan habitat laut di kepulauan yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bengkayang.

Dia mengungkapkan menjaga dan melestarikan habitat laut dan trumbu karang merupakan bagian terpenting dalam menjaga ekosistem laut. Supaya kelestarian dalam kehidupan laut tetap terjaga dengan baik. Sehingga ekosistem laut bisa dimanfaatkan untuk generasi yang akan datang.

''Menjaga ekosistem laut merupakan investasi kita di masa mendatang. Ini perlu adanya kerjasama semua pihak, pemerintah maupun para nelayan dalam melestarikan habitat dalam laut,'' terangnya. (IRN)

Sent from my airin fitriansyah™