Baru 16 Kecamatan

Baru 16 Kecamatan

  Sabtu, 13 February 2016 09:45
Daryanto

Berita Terkait

KEPALA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sambas, Daryanto, mengungkapkan, dari 19 kecamatan di Kabupaten Sambas, hanya 16 kecamatan di antaranya telah merampungkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan. Ke-16 kecamatan tersebut dipastikan dia siap membahas hasil Musrenbang mereka ke tingkat Kabupaten pada 8 Maret mendatang.

“Kita telah menjadwalkan Musrenbang pada tiap-tiap kecamatan dari 1 Februari hingga 11 Februari. Tinggal 3 kecamatan baru akan menggelar musrenbang pada hari terakhir dari jadwal yang telah kita tentukan," ujarnya.Tiga kecamatan yang akan menggelar Musrenbang pada hari terakhir, disebutkan dia, yakni Kecamatan Salatiga, Kecamatan Tebas, dan Kecamatan Paloh.

Ditambahkannya, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 25 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 tentang Perencanaan Pembangunan Pemerintah Daerah yang harus dilaksanakan mulai dari tingkat desa hingga ke kabupaten. Desa yang mendapatkan kewenangan untuk mengelola dana desa, diingatkan dia, diharuskan menyusun rencana pembangunan desa, agar pembangunan yang dilakukan benar-benar progran dan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. “Dalam musrenbang kita ingin masyarakat dapat menyusun rencana pembangunan mengacu pada RPJMD kabupaten dan RPJMN,” katanya.

Ia mengatakan skala prioritas yang terus dikejar di antarnya peningkatan infrastruktur dasar, peningkatan kesehatan, serta pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat serta pendidikan. "Kita minta kepada kepala desa dalam mengelola dana desa (agar) dapat mengejar skala prioritas yang telah ditetapkan, dalam upaya untuk mendongkrak IPM Kabupaten Sambas,” ujarnya. (har)

Berita Terkait