Barcelona vs Villanovense , El Barca Lanjutkan Momen Sempurna

Barcelona vs Villanovense , El Barca Lanjutkan Momen Sempurna

  Rabu, 2 December 2015 07:34

Berita Terkait

BARCELONA -- Siapa yang bisa menghentikan Barcelona? Sebab, di level kompetisi apapun, mereka nyaris tidak bisa menemukan lawan yang mampu membuat mereka begitu berkeringat. Mereka pun diprediksi tidak akan kesulitan dalam menjegal Villanovense di Camp Nou pada leg kedua babak 32 Besar Copa del Rey dinihari nanti.

Di La Liga, mereka dengan mantap berada di posisi pertama klasemen sementara dengan keunggulan empat poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat kedua dan enam angka dari sang rival klasik Real Madrid yang saat ini turun ke posisi ketiga.Raihan ini makin sempurna karena Barcelona terbilang sukses mempermalukan baik Real maupun Atletico di liga. Sedangkan di kompetisi Liga Champions, klub berjuluk El Barca itu juga nyaman menjadi lideres penyisihan grup tanpa tersentuh kekalahan dalam lima pertandingan terakhir.

Apalagi, sepanjang November kemarin, penampilan skuad besutan Luis Enrique itu begitu agresif dengan melesakkan 20 gol dan hanya kebobolan satu gol ketika menggilas AS Roma 6-1 pada 24 November.Poin-poin statistik ini, ditambah dengan fakta bahwa dalam lima musim terakhir Barca tidak pernah absen dari fase empat besar, membuat mereka begitu menjadi favorit ketika menghadapi Villanovense nanti.

“Aku berharap momen terbaik kami ini masih terus berlanjut,” ujar Enrique pasca kemenangan telak 4-0 atas Real Sociedad seperti dilansir Four Four Two. Enrique begitu gembira karena mereka mampu menampilkan permainan yang brilian serta tim sangat menikmati serangan yang mereka lakukan.“Namun, tidak ada gelar yang diperebutkan di Desember ini. Kami menghadapi bulan yang menentukan dengan sebuah laga penting La Liga, Piala Dunia Antarklub, serta Copa del Rey. Kami melaluinya laga demi laga,” tutur eks pelatih AS Roma itu.

Selepas menghadapi Villanovense nanti, mereka sudah ditunggu Valencia di Mestalla 5 Desember mendatang, kemudian tiga hari kemudian Andres Iniesta dkk harus terbang ke Leverkusen menantang Bayer Leverkusen pada partai pamungkas di BayArena.Setelah itu mereka harus menjamu Deportivo La Coruna dalam jornada 15 di Camp Nou 12 Desember mendatang, serta memperebutkan babak final Piala Dunia Antarklub melawan pemenang antara wakil Tiongkok Guangzhou Evergrande dengan klub Meksiko America, sebelum ditutup laga kontra Real Betis satu hari menjelang malam pergantian tahun.

Begitu padatnya jadwal yang harus ditempuh dengan masa recovery membuat Enrique harus melakukan banyak rotasi untuk menghemat kebugaran para pemainnya. Melawan Villanovense yang notabene berstatus tim Segunda Division B atau kasta ketiga liga Spanyol, entrenador 45 tahun itu hanya akan menurunkan salah satu dari trio Lionel Messi-Luis Suarez-Neymar (MSN).Salah satu pertimbangannya, Enrique tidak puas dengan hasil yang diraih oleh Barcelona ketika hanya ditahan imbang 0-0 di leg pertama di kandang Villanovense, Romero Cuerda, 28 Oktober lalu.

Saat itu, Enrique menurunkan duet striker Munir El Haddadi, dan Sandro Ramirez. Namun, 14 tembakan yang dilakukan oleh Barca semuanya gagal menemui sasaran sehingga Enrique pun merasa harus menurunkan salah satu trio MSN sebagai penyerang tengah dalam formasi 4-3-3 untuk memimpin daya gedor Barca.Sedangkan di lini tengah, kemungkinan Enrique tidak akan mengubah komposisi yang sudah dihuni oleh Ivan Rakitic, Andres Iniesta, maupun Sergio Busquets. Sederet gelandang muda yang sudah kenyang pengalaman seperti Gerard Gumbau, Aitor Cantalapiedra, dan Sergi Samper siap untuk melapisit ketiga pemain senior tersebut.

Satu-satunya kendala yang dihadapi oleh Enrique adalah dia terancam tidak bisa menurunkan kiper Marc-Andre Ter Stegen yang mengalami cedera di lutut kirinya. Akibatnya, dia harus absen dalam sesi latihan terakhir di Ciutat Esportiva Joan Gamper pagi kemarin (1/12). “Penyembuhannya bakal segera diumumkan ketika dia sudah diperbolehkan untuk kembali berlatih,” demikian pernyataan Barca seperti dilansir situs resminya.

Terpisah, berkebalikan dengan tuan rumah yang begitu perkasa dengan belum menelan kekalahan dalam sepuluh pertandingan terakhir, Villanovense malah belum mendapat tiga poin dalam tujuh laga yang sudah dilalui.Di kompetisi sendiri, mereka kalah lima partai beruntun yang ironisnya kesemua laga itu berakhir dengan skor yang begitu tipis. Satu-satunya kekalahan paling besar terjadi ketika mereka ditundukkan 0-2 oleh Real Jaen di kandang 15 November lalu.Hal ini diakui oleh gelandang sekaligus kapten tim Angel Pajuelo membuat timnya begitu goyah. “Tapi, kami harus segera membenahi kesalahan kami, dan bangkit,” tegasnya seperti dilansir Mundo Deportivo. (apu)

Berita Terkait