Barcelona v Celta Vigo 6-1, Barca Peragakan Penalti Dua Sentuhan

Barcelona v Celta Vigo 6-1, Barca Peragakan Penalti Dua Sentuhan

  Selasa, 16 February 2016 13:41

Berita Terkait

BARCELONA – Banyak cara untuk mencetak gol. Nah, yang dilakukan para penggawa Barcelona saat menggebuk Celta Vigo 6-1 kemarin dini hari sangat menghibur. Selain dari open play,  Barca juga mencetak gol dari eksekusi penalti. Bukan penalti biasa, tapi penalti dua sentuhan.

Ketika tuan rumah sudah leading 3-1, bek Celta Johny Castro menjatuhkan Messi dikotak penalti pada menit ke-81. Wasit Alejandro Hernandez langsung menunjuk titik putih. Messi yang tampil sebagai eksekutor terlihat akan memanfaatkan momen itu untuk menambah gol. Namun, pemain 28 tahun itu punya rencana lain.

Alih-alih menendang keras, Messi mengoper bola dengan pelan ke arah kanan. Sejurus kemudian, Luis Suarez mengejar bola dan melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Celta yang dikawal Sergio Alvarez. Gol. Tidak ada protes dari kubu Celta. Ya, gol itu memang sah.

Barca terlihat puas dengan ‘pembayaran’ lunas lewat ‘penalti dua sentuhan’ ala Messi dan Suarez kemarin. Maklum, dalam pertemuan pertama di Stadion Balaidos pada 23 September lalu, Barca dipermalukan Celta dengan skor telak 1-4.

Pesta gol Barca dibuka oleh aksi Messi pada menit ke-28. Disusul Suarez (59’, 75’, 81’), Ivan Rakitic (84’), dan Neymar (90’+1’). Satu-satunya gol Celta dihasilkan lewat penalti John Guidetti (39’).

Neymar mengaku bahwa penalti dua sentuhan yang dilakukan Messi dan Suarez kemarin sejatinya sudah terencana. “Bola itu seharusnya untuk saya. Saya dan Leo (Messi,red.) berlatih pola itu dalam latihan kami,” katanya kepada Barca TV setelah laga.

Pemain 24 tahun itu tidak mempermasalahkan Suarez yang akhirnya menjadi eksekutor. Sebab, penyerang asal Uruguay itu memang berada dalam posisi yang lebih dekat degan bola daripada dirinya.

“Pertemanan kami bertiga adalah hal yang terpenting. Tak jadi soal siapa yang mencetak gol, yang penting kami berhasil memenangi pertandingan,” ungkap Neymar.

Kapten Barca Andres Iniesta memuji kekompakan Messi, Neymar, dan Suarez. Ibaratnya, tanpa harus berkata sepatah kata pun, mereka bisa saling memahami keinginan masing-masing.

 “Saya beberapa kali mendapati mereka berdiskusi soal bagaimana penalti dua sentuhan akan dilakukan. Semoga lain kali Neymar bisa mengeksekusi sentuhan penalti dari Messi,” kata Iniesta.

Sementara itu, entrenador Barcelona Luis Enrique ogah menjawab jika penalti ala Messi-Suarez kemarin melangar regulasi. Bahkan, menurutnya, bukan tidak mungkin jika mereka suatu saat akan melakukannya lagi.

“Kami mencoba memainkan sepak bola yang bergembira. Bagi kami dan para fans, sehingga mereka menyadari kalau mereka sedang menonton pertunjukkan sepak bola spektakuler,” tutur Enrique. (dra/ca)

Berita Terkait