Barang Bukti Dimusnahkan

Barang Bukti Dimusnahkan

  Sabtu, 13 February 2016 10:41
DIBAKAR: Barang bukti sertifikat yang dibakar. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SEBANYAK 50 lembar sertifikat, 349,358 gram sabu-sabu, 58,7117 gram ekstasi, 7,52 gram ganja, yang merupakan Barang Bukti (BB) dan telah memiliki keputusan tetap dari Pengadilan Negeri. Dimusnahkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Singkawang, Jumat (12/2).

Barang Bukti yang dimusnahkan, merupakan hasil pengusutan perkara sejak 2014 dan 2015. Seperti halnya sertifikat, adalah BB kasus yang telah ditangani pada 2014 yakni korupsi Proyek Pengadaan Agraria Nasional (PPAN).Kepala Kejaksaan Negeri Singkawang, M Ravik mengatakan pemusnahan barang bukti merupakan salah satu cara sesuai perundang-undangan. Selain dirampas negara maupun dikembalikan kepada yang bersangkutan.

“BB yang dimusnahkan ini, telah memiliki keputusan hukum tetap dari Pengadilan Negeri, kemudian BB yang dimusnahkan diutamakan yang tidak memiliki nilai ekonomis,” kata M Ravik, Jumat (12/2).Menurutnya, pemusnahan BB yang telah memiliki putusan hukum tetap. Juga untuk menjawab pertanyaan masyarakat, kemana saja larinya barang bukti dari kasus-kasus yang pernah ditangani Kejaksaan Negeri Singkawang.

“Kalau sampai BB terlalu lama disimpan, bisa berpengaruh terhadap anggapan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan. Sehingga lebih cepat BB yang telah memiliki keputusan tetap dimusnahkan, akan lebih baik,” katanya.Pemusnahan BB, dihadiri Pengadilan Negeri, jajaran Polres Singkawang, Imigrasi, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Husein. Kemudian dari unsur pemerintah Kota Singkawang, yang diwakili Bagian Hukum, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Singkawang, serta pihak terkait lainnya.(fah)

Berita Terkait