Banyak yang Mengeluhkan Prosesor iPhone 7 Mendesis

Banyak yang Mengeluhkan Prosesor iPhone 7 Mendesis

  Senin, 19 September 2016 20:18
FOTO KAZUHIRO NOGI / AFP

Berita Terkait

Semoga kejadian yang menimpa pengguna Samsung Galaxy Note 7 tidak terulang pada pemilik iPhone 7. Pasalnya, beberapa ponsel terbaru Apple itu disebutkan bermasalah pada prosesornya. Saat iPhone terbaru itu digunakan untuk hal-hal berat, terdengar suara mendesis yang sangat mengganggu.

Akun YouTube 512 Pixel mengunggah bukti itu melalui video berdurasi 13 detik dengan judul: iPhone 7 Plus Noise Under Load. Memang, dalam video itu tidak diperlihatkan secara langsung ponsel yang mendesis. Tapi, jika didengarkan lewat headset, desisan itu terdengar jelas.

’’iPhone 7 Plus saya baru selesai proses restore dari iCloud, dan saya mulai mendengar suara. Setelah ponsel saya angkat dari meja, terdengar jelas suaranya dari bagian belakang. Kemungkinan dari CPU,’’ tulis Stephen Hackett, pemilik akun itu dikutip dari 521pixels.net.

Dia lantas mencari tahu, dan menemukan banyak keluhan sama. Hackett tidak mau berlama-lama dengan masalah itu. Dia lantas menelepon AppleCare untuk menyelesaikan suara desisan itu. Pihak Apple sendiri menyarankan dia untuk mendatangi Apple Store dan mengganti unitnya dengan yang baru.

Selain Hackett, akun YouTube lain DetroitBORG ikut mengunggah masalah yang sama. Bedanya, video iPhone 7 yang mengeluarkan suara mendesis ikut dia rekam. Dari rekaman yang menunjukkan bagian belakang, terdengar suara mendesis yang cukup kencang. ’’Suara ini bisa terdengar ketika ponsel diberi beban lebih,’’ tulisnya di deskripsi video.

Beban yang dimaksud bukan berarti iPhone ditumpuk dengan berat tertentu. Melainkan, saat ponsel diminta bekerja berat seperti menjalankan aplikasi-aplikasi yang memakan banyak RAM. Misalnya, mengedit video, atau game dengan kualitas grafis tinggi. Biasanya kerja berat akan dialami ponsel saat proses benchmark.

Video suara mendesis itu sudah ditonton ratusan ribu orang. Dari beberapa komentar, banyak yang khawatir kalau masalah ini bisa menjadi serius dan mengulang kejadian pada Galaxy Note 7 dengan penarikan unit. ’’Bukankah lebih lucu kalau Apple ikut me-recall ponselnya juga?,’’ kata Joshua D mengomentari video DetroitBORG.

User lainnya menanyakan bagaimana standar quality control dari perusahaan asal Cupertino, California itu sampai terjadi hal memalukan. Beberapa user juga ada yang menyindir kalau Apple dan Samsung membuat ’’bom ponsel’’ untuk saling dilempar. ’’Bedanya, Apple memberi peringatan sebelum meledak dengan suara mendesis,’’ tulis akun CescoCDN.

Sampai berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari Apple menanggapi masalah itu. Yang jelas, beberapa orang mengaku memiliki masalah yang sama. Biasanya, terjadi ketika pembeli me-restore data dari iCloud meski ada juga yang mengaku mendengar desisan itu saat menyeting iPhone 7 sebagai ponsel baru. (dim/jpg)

Berita Terkait