Bantuan Tersalur Harus Tepat Sasaran

Bantuan Tersalur Harus Tepat Sasaran

  Selasa, 12 April 2016 09:43
PENYALURAN BANTUAN: Aneka makanan siap saji merupakan bantuan dari pemerintah untuk korban banjir. Sebagaimana diketahui, banjir masih menggenangi sejumlah tempat di kabupaten ini. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Musibah banjir masih melanda sejumlah kecamatan, terutama daerah Kapuas dan danau. Aparatur pemerintahan desa dan kecamatan mesti tanggap dengan kondisi yang terjadi di sekitarnya, dan segera melapor kepada pemerintah di tingkat kabupaten. Dengan demikian, jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat segera diusulkan secara berjenjang sesuai prosedur.

IVAN Duriadi, warga Desa Bunut Hilir, Kecamatan Bunut Hilir, meminta perangkat desa dan kecamatan tanggap dengan kondisi yang ada. Terutama jika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, dan angin puting beliung. Terjadinya bencana seperti ini, diungkapkan dia, tak dapat diprediksi. Oleh karena itu, ketika terjadi bencana alam seperti banjir, pemerintah desa dan kecamatan diminta cepat tanggap untuk mendata.

Menurutnya, data penduduk mesti selalu disiapkan, sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah langsung siap. Artinya, dia menambahkan, data tersebut mesti sudah ada, sehingga tinggal melihat mana yang prioritas dan mana bukan. “Jika data siap, tak lama. Kalau di Bunut Hilir ini kalau sudah banjir semua masyarakat terkena dampaknya," katanya.

Ivan juga menyindir kejadian di salah satu desa di Bunut Hilir, di mana bantuan yang diberikan kepada korban banjir dibagi rata semua warga desa. Akibatnya, dia mengungkapkan, ada penerima bantuan yang mestinya mendapat 5 kilogram (kg) beras, menjadi 2,5 kg saja. Bahkan, dia menambahkan, ada juga desa yang warganya tidak mau menerima bantuan, lalu dijual, di mana hasil penjualannya untuk kas desa.“Mestinya yang berhak menerima bantuan diprioritaskan sesuai jatah seharusnya,” ungkap dia.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Abdul Halim, mengatakan, untuk penyaluran beras di sepuluh kecamatan seperti di Kecamatan Bika, Jongkong, Selimbau, Suhaid, Semitau, Silat Hilir, Badau, Lanjak, Embaloh Hilir, dan Bunut Hilir telah selesai dilaksanakan. "Sudah kami salurkan semua bantuannya sesuai peruntukan," katanya melalui saluran seluler, Sabtu (9/04).

Dijelaskannya, untuk Kecamatan Bunut Hilir jumlah beras yang disalurkan sesuai dengan yang diajukan oleh pihak desa dan kecamatan. Untuk Kecamatan Bunut Hilir, menurut dia, jumlah bantuan beras yang disalurkan sebanyak 4.905 kg untuk 981 jiwa. "Untuk pembagian beras itu seharusnya perjiwa, namun saya dengar di salah satu desa, bantuan tersebut dibagi rata oleh mereka," tutur dia.

Dikatakannya, sesuai ketentuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Sosial, bantuan beras yang diberikan sebanyak 4 ons perjiwa, untuk satu hari, dengan minimal bantuan selama 10 hari atau dua minggu paling lama. "Saat ini pemerintah mampu bantu 12 hari setengah, jadi perjiwa dapatnya 5 kilogram, kami minta bantuan itu disalurkan tepat sasaran,” terangnya.(aan)

Berita Terkait