Bantuan Rp20 Juta Buat Vihara

Bantuan Rp20 Juta Buat Vihara

  Selasa, 3 November 2015 10:15
PERESMIAN: Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya saat meresmikan Vihara Fuk Tet Chi Jalan raya Sedau Tanjung Batu Kaliasin, Singkawang Selatan. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

BANTUAN Rp20 juta diberikan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, S.E., M.M kepada pengurus Vihara  Fuk Tet Chi Jalan raya Sedau Tanjung Batu Kaliasin, Singkawang Selatan, Senin (2/11).Bantuan diberikan orang nomor dua di pemerintahan di Kalimantan Barat, ketika peresmian Vihara tersebut. “Bantuan ini bisa untuk kegiatan atau uang kas yayasan, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Drs. Christiandy Sanjaya, S.E., M.M.

Pihaknya mengaku bangga atas penyelesaian vihara ini sifatnya mandiri. Dirinya juga mengapresiasi para donatur yang memiliki niat untuk membantu pembangunan tempat ibadah seperti sekarang ini.Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalbar menyampaikan bahwa pemerintah, masyarakat termasuk unsur Polri dan TNI. Secara bersama membangun warga Kalbar beriman, cerdas berbudaya dan sejahtera.“Kita sepakat, seluruh masyarakat Kalbar memiliki agama dan melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan. Begitu juga peran Pemerintah Kabupaten dan Kota, memberikan pengayoman melindungi seluruh masyarakat beribadah, termasuk dalam pendirian tempat ibadah,” katanya.

Wagub juga mengingatkan, kepada masyarakat. Pemerintah akan membantu jika akan mendirikan tempat ibadah. Hanya saja, hal tersebut ada prosedur dan aturannya.“Dana pemerintah itu harus dipertanggungjkawabkan, sehingga jika masyarakat ada yang meminta bantuan pendirian tempat ibadah, ada prosedurnya. Harus mengajukan proposal di tahun sebelumnya, dan bantuannya pun tidak sampai seratus persen karena anggaran terbatas,” katanya.Wakil Walikota Singkawang, H Abdul Muthalib mengatakan sebagai daerah dengan aneka ragam budaya, agama dan suku masyarakat. Ini merupakan satu kesatuan tak bisa dipisahkan.

“Ini keberagamaan yang merupakan anugerah yang harus disyukuri dan akan menjadi kekuatan bagi kita semua, jika tidak dipelihara dengan arif dan bijaksana akan ada kehancuran dan malapetaka,” katanya.Ketua Panitia peresmian, Tjhai Chui Mie menyebutkan pembangunan vihara ini merupakan sumbangan dari donatur dan masyarakat. Sebelum diresmikan, pihaknya telah melakukan sembahyang kepada dewa langit, selanjutnya ritual tolak bala untuk masyarakat sekitar, masyarakat Sedau dan Kaliasian,  dan diteruskan dengan dengan peresmian. (fah)

Berita Terkait