Bantuan Renovasi & Pendampingan Sekolah

Bantuan Renovasi & Pendampingan Sekolah

  Selasa, 22 December 2015 10:48
PROGRAM DONASI: SDSI Sirajudin Jadid Nipah Kuning, Kelurahan Pal 5, Pontianak mendapat bantuan renovasi dan pendampingan manajemen sekolah. Ini merupakan program kerjasama Dompet Dhuafa dan PT. Matahari Putra Prima tbk. SAHRUL FOR PONTIANAK POST

DOMPET Dhuafa memberikan bantuan renovasi dan pendampingan manajemen sekolah di Kalimantan Barat. Ini merupakan realisasi dari program infak via kasir Hypermart yang merupakan kerjasama antara Dompet Dhuafa dan PT. Matahari Putra Prima tbk.

Tidak hanya di Kalbar, sejumlah sekolah di Indonesia juga mendapat bantuan renovasi dan pendampingan manajemen sekolah dalam program ini. “Renovasi dilakukan dalam rangka memperbaiki gedung dan sarana sekolah. Sementara pendampingan sekolah dilakukan untuk memperbaiki manajemen sekolah melalui pelatihan guru dan peningkatan kegiatan belajar,” ujar Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi saat clossing proram renovasi dan pendampiongan di Pontianak kemarin.

Yuli menuturkan, sarana dan infrastruktur menjadi perhatian utama untuk mencapai keberhasilan dan tercapainya sebuah pendidikan dengan mutu dan kualitas yang baik. Namun faktanya, di beberapa wilayah di Indonesia sendiri masih ditemui sekolah-sekolah kurang layak dalam segi sarana dan infrastruktur. “Renovasi yang dilakukan meliputi pengecatan ruang kelas bagian dalam dan luar, perbaikan keramik dan perbaikan meubeler. Selain renovasi, Dompet Dhuafa dan PT. Matahari Putra Prima tbk juga bersinergi dalam program pendampingan guru dan ceruk ilmu di delapan sekolah yang menjadi penerima manfaat,” jelas dia.

Sekolah yang mendapatkan bantuan program yakni SDN Tegal Jaya 2 (Bogor), SDN Sawangan 01 (Depok), MI Al-Ikhlas (Cianjur), MI Al-Huda (Bekasi), SDN 144 Pekanbaru, MI Darul Ihsan (Batam), MI Nurul Iman (Tanggeran Selatan) dan SDSI Sirajudin Jadid Nipah Kuning, Kelurahan Pal 5, Pontianak.

Sementara itu Director of Public Relations and Communications PT. Matahari Putra Prima tbk, Danny Kojongian mengharapkan kerjasama yang dibangun selama 10 tahun ini ke depannya terus terjalin, sehingga menjangkau program-program pemberdayaan lainnya demi kemaslahatan umat. “Kerjasasam ini diharapkan untuk kebaikan sesama. Selama ini merupakan kebaikan terlebih untuk peduli terhadap masyarakat kurang mampu. Tentu Hypermart sangat senang sekali dan akan terus berkontribusi,” paparnya.

Sejak bergulir tahun 2006, program infak via kasir memudahkan masyarakat dalam berdonasi membantu program-program pemberdayaan masyarakat dhuafa sambil berbelanja. Pelanggan dapat mendonasikan sisa kembalian belanja, pembulatan kembalian atau bahkan langsung menyetor infak melalui kasir Hypermart. Selama 10 tahun bekerjasama, total dana pelanggan terkumpul lebih dari Rp11 miliar.

Selain pendidikan, dana juga dialokasikan untuk program pemberdayaan ekonomi dan kesehatan. Di program pemberdayaan ekonomi seperti pasar berseri di Magelang, untuk korban gunung merapi. Di program kesehatan, dialokasikan petahu siap siaga (perahu karet( dan ambulan untuk layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) di Papua. (c12/ser)