Bank Kalbar Raih 4 Penghargaan

Bank Kalbar Raih 4 Penghargaan

  Selasa, 10 May 2016 10:21
TOP BUMD: Dirut BaNk Kalbar, Sudirman HMY dan jajarannya saat menerima empat penghargaan Penganugerahan Penghargaan TOP BUMD 2016 di Jakarta, kemarin. Penghargaan itu juga diberikan kepada Gubernur Kalbar Cornelis. Istimewa

Berita Terkait

PONTIANAK – BPD Kalbar atau Bank Kalbar kembali mendapatkan prestasi nasional. Bank ini dinobatkan kembali sebagai salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik yang berada di Indonesia melalui Acara Penganugerahan Penghargaan TOP BUMD 2016. Bank Kalbar merengkuh 4 penghargaan dengan 2 diantaranya merupakan penghargaan atas prestasi dan peningkatan kinerja perusahaan sebagai BPD (TOP BPD 2016) dan BUMD (TOP BUMD 2016). Dua penghargaan lainnya lebih ditujukan secara personal kepada Chief Executive Officer (CEO) Bank Kalbar atas kepemimpinan dan prestasi kinerja BUMD (TOP CEO BUMD 2016) dan Pembina Bank Kalbar yang dalam hal ini adalah Pemegang Saham Pengendali Bank Kalbar, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis (TOP Pembina BUMD 2016). 

Acara TOP BUMD 2016 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Kamis lalu (05/05/2016) dihadiri sejumlah jajaran Top Management Bank Kalbar yaitu Komisaris Utama Murdjani Abdullah, Direktur Utama Sudirman HMY, Kepala Divisi Corporate Secretary Dedi Supriadi dan Kepala Divisi Akuntansi Restuanda. TOP BUMD 2016 merupakan kegiatan penghargaan atau corporate rating kepada BUMD, CEO BUMD dan Pembina BUMD yang dinilai telah memiliki kinerja yang baik serta berkontribusi tinggi dalam pembangunan khususnya di daerah. 

Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY sendiri terpilih kembali sebagai CEO BUMD terbaik untuk penghargaan yang pernah diperoleh sebelumnya di tahun 2010, 2012 dan 2014. “Ini berkat kerjasama semua pihak, terutama Gubernur Cornelis dan seluruh stakeholders. Berkaca dari prestasi dan peningkatan kinerja keuangan BPD Seluruh Indonesia, Bank Kalbar menunjukkan kinerja yang berada di atas rata-rata,” sebut dia kepada Pontianak Post, kemarin (9/5).

Dijelaskan dia, kinerja keuangan Bank Kalbar di tahun buku 2015 yang meliputi aset tumbuh 16,22% di atas rata-rata aset BPD SI yang berada di angka 7,94%, DPK tumbuh 16,59% di atas rata-rata DPK BPD SI yang berada di angka 6,14% dan penyaluran kredit tumbuh 10,70% di atas rata-rata penyaluran kredit BPD SI yang berada di angka 9,06%. Ditinjau dari rasio keuangan, kinerja Bank Kalbar masih unggul dibandingkan rata-rata kinerja BPD SI. Untuk NPL gross misalnya, Bank Kalbar masih berada di angka 0,56% sedangkan rata-rata BPD SI sudah berada di angka 3,67%. Begitu pula dengan rasio kecukupan modal, Bank Kalbar berada pada angka 21,76% sedangkan rata-rata BPD SI berada pada angka 20,61%. 

Gubernur Cornelis turut bangga atas prestasi nasional yang diperoleh Bank Kalbar. Bertempat di ruang kerja Gubernur, Cornelis menghimbau agar masyarakat Kalimantan Barat terus memberikan dukungan kepada Bank Kalbar. “Besar kecilnya bank itu tergantung dari masyarakat juga. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk membesarkan Bank Kalbar dengan menabung di Bank Kalbar dan mengambil kredit di Bank Kalbar karena keuntungan operasional berupa laba akan dibagikan kembali kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota selaku pemegang saham dalam bentuk dividen,” pungkasnya. (ars)

Berita Terkait