Bank Kalbar Luncurkan Tabungan SimPel

Bank Kalbar Luncurkan Tabungan SimPel

  Rabu, 13 January 2016 08:40
PELEPASAN BALON: Pelepasan balon oleh Wakil Bupati Sambas Pabali Musa dan Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY menandai launching produk Tabungan SimPel, kemarin (12/1) di halaman Kantor Dinas Pendidikan. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Bank Kalbar meluncurkan produk terbarunya bernama tabungan Simpanan Pelajar (SimPel). Peluncuran ini bertepatan dengan gebyar SMK se-Kabupaten Sambas yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Selasa (12/1) kemarin.

Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Pabali Musa, Staf Ahli Bupati Chifni BA, Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY, Kepala Perwakilan OJK Pontianak Asep Ruswendi, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Sambas, para camat, UPT Dinas Pendidikan, serta para kepala sekolah SMK se-Kabupaten Sambas. Wabup Pabali Musa dalam sambutannya sangat mengharapkan agar siswa benar-benar memanfaatkan tabungan SimPel ini, sebagai langkah awal belajar mengelola keuangan pribadi mereka. Dari sana, dia berharap para siswa bisa belajar menjadi bijak dalam mengelola keuangan mereka.

"Bulan Januari ini menjadi momen yang baik bagi anak-anakku untuk mulai menabung. Mulailah dari sekarang, Bank Kalbar telah mempersiapkan tabungan SimPel, untuk mewadahi dana simpanan kalian,” ujarnya.

Pabali juga yakin banyak manfaat yang diperoleh dari partisipasi siswa dalam menabung, salah satunya adalah merangsang pertumbuhan ekonomi daerah. “Bayangkan jika Rp5 ribu saja dikalikan sekian ribu siswa, itu angka yang fantastis menopang perputaran uang daerah," kata sosok yang juga Ketua PW Muhammadiyah Kalbar ini.

Dalam amanatnya Wabup berpesan agar siswa mengutamakan prinsip pembangunan sumber daya manusia, untuk menjadi yang terbaik, jujur, dan sebagai pejuang gigih, yang sepenuhnya mengejar cita-cita masa depan.

Sementara itu, direktur PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar, Sudirman, mengatakan kegiatan launching tabungan SimPel Bank Kalbar di Kabupaten Sambas ini mengangkat tema: Menabung itu SimPel. Tabungan SimPel ini, menurut dia, diluncurkan secara nasional oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 14 Juni 2015 lalu. Dia juga menambahkan jika tabungan ini diperuntukkan khusus bagi siswa, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTs, dan MA, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta terjangkau. “Dengan setoran awal hanya senilai Rp5 ribu, minimum setoran berikutnya Rp1.000 dan bebas biaya administrasi bulanan. Jika mencapai saldo tertentu setiap tahun akan diberikan reward atau hadiah,” ungkapnya.

Tabungan simpel ini, diungkapkan Direktur Bank Kalbar, bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan inklusi keuangan kepada pelajar dan menanamkan budaya menabung sejak dini. Selain itu, kata dia, tabungan SimPel ini bermanfaat bagi siswa. Manfaat-manfaat tersebut diungkapkan dia; Pertama, untuk mengedukasi tentang tabungan, dorongan budaya gemar menabung dan pelatihan dalam rangka pengelolaan keuangan sejak dini. Kedua, bagi orang tua berupa pemupukan kemandirian dan kedisiplinan anak dalam mengelola keuangan dan kemudahan orang tua dalam mengontrol pengeluaran anak.

Ketiga, juga bagi sekolah berupa sarana edukasi praktis keuangan dan perbankan kepada siswa dan guru, penumbuhan budaya menabung di sekolah dan dapat menjadi sistem pembayaran yang efektif dan efisien di sekolah. Kelima, bagi pelaku industri perbankan khususnya Bank Kalbar akan meningkatkan basis nasabah tabungan yang berasal dari siswa, mengingat jumlah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang berada di bawah lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar tahun ajaran 2014 – 2015 sebanyak 993.270 siswa. Terakhir, kata dia, manfaat juga bagi pembangunan ekonomi, khususnya di Kabupaten Sambas akan tercipta perilaku ekonomi, sosial, dan psikologis generasi muda daerah yang lebih mandiri, bijak, dan dewasa, dalam mengelola keuangan dan kekayaan sendiri dengan cara menabung.

Selain itu, ia juga mengatakan lahirnya produk Tabungan SimPel ini merupakan tujuan otoritas jasa keuangan (OJK), untuk membangun pemahaman dan keterampilan menggunakan produk dan jasa keuangan untuk kelompok siswa, karena pemahaman akan produk dan jasa keuangan di tingkat pelajar masih rendah atau baru mencapai 28,3 persen. Dalam rangka mendukung program tersebut, digambarkan dia pada 11 Desember 2015 Bank Kalbar telah melaksanakan launching Tabungan SimPel tingkat Provinsi di Pontianak, dan dilanjutkan pada Selasa (12/1) launching diadakan di Kabupaten Sambas bertepatan dengan kegiatan gebyar SMK se-Kabupaten Sambas.

Nantinya, Tabungan SimPel Bank Kalbar akan disosialisasikan dan dipasarkan di seluruh kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, kas mobil, dan kas terapung yang jumlahnya mencapai 158 jaringan kantor. Keberhasilan pemasaran tabungan SimPel Bank Kalbar, khususnya di Kabupaten Sambas, diakui dia, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta para kepala sekolah. Oleh sebab itu, dia mengungkapkan jika bank yang dipimpinnya tersebut sangat memohon dukungan semua pihak serta masyarakat, demi tercapainya tujuan program SimPel yakni: Menanamkan budaya menabung sejak dini kepada siswa. (har)

Berita Terkait